Menuju Kabupaten Layak Anak, Pemerintah Kecamatan, Kelurahan Dan Desa di Konut Komitmen Bangun Sekertariat Forum Anak

Foto bersama usai melangsungkan Rakor dan Pengukuhan Forum Anak Kabupaten Konut

Indosultra.Com, Konawe Utara – Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Konut terus memaksimalkan program Kabupaten Layak Anak (KLA).

Salah satu langkah yang kembali dilaksanakan untuk menuju KLA adalah melakukan Rapat koordinasi (Rakor) DNA pengukuhan Forum Anak yang melibatkan langsung Pemerintah kecamatan, Kelurahan Dan Desa, serta tim Forum Anak Kabupaten Konut dari kalangan remaja.

Acara itu berlangsung sukses di Aula Hotel Oheo, Rabu 26 Juni 2024. Acara dipimpin langsung oleh Bupati Konut, Ruksamin diwakili Wakil Bupati Konut, Abu Haera, bersama Kepala Dinas PPPA Konut, Sarlina dan jajarannya.

Lain dari itu, juga dihadiri dari Ketua dan pengurus Forum Anak Provinsi Sultra, dan Arsyaidar Habri., SKM.,M.kes yang berperan sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut.

Dalam acara itu, para camat, lurah dan Kepala Desa yang hadir berkomitmen untuk mensukseskan program Forum Anak diwilayahnya masing-masing. Dukungan yang diberikan dengan membentuk Forum Anak dan menyiapkan fasilitas sarana dan prasarananya.

“Untuk kami di Kecamatan Wawolesea komitmen mensukseskan Forum Anak. Dan saat ini sementara proses penerbitan SK untuk kita laksanakan sebagai mana mestinya,”ungkap Camat Wawolesea, Ita Sinar diacara itu mewakili Pemerintah Kecamatan.

“Dari kami juga Kelurahan Tinobu tim Forum Anak sudah kami bentuk dan sudah diproses SK nya. Kami komitmen dukung program Forum Anak menuju Konawe Utara Kabupaten Layak Anak,”ungkap Lurah Tinobu, Kecamatan Lasolo diacara itu.

Komitmen para Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa dalam mensukseskan Forum anak mendapat apresiasi besar dan dukungan penuh dari semua pihak.

“Kehadiran kita semua disini mensukseskan acara Rakor dan pengukuhan Forum Anak merupakan bukti komitmen kita bekerja untuk daerah mensukseskan program pemerintah salah satunya mengenai Kabupaten Layak Anak ini. Saya salut dan apresiasi,”ucap Wakil Bupati Konut, Abu Haera menanggapi komitmen para camat, lurah dan desa.

Seperi diketahui, Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Konut laksanakan Rapat koordinasi (Rakor) forum anak kecamatan dan desa, bertempat di Aula Hotel Oheo, Rabu 26 Juni 2024.

Salain rapat Koordinasi Forum Anak yang berlangsung, juga dilakukan pengukuhan Forum Anak Kabupaten Konawe Utara secara serentak, dan pendatang nota kesepahaman yang melibatkan Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa, serta Tim Forum Anak yang melibatkan para remaja.

Wakil Bupati Konut, Abu Haera dalam sambutannya, memberikan apresiasi atas terlaksanannya Rakor, dan pengukuhan Forum Anak di Kabupaten Konut.

Kata dia (Abu Haera Red..) langkah tersebut, merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Konawe Utara untuk memaksimalkan langkah program Kabupaten Layak Anak (KLA) di Bumi Oheo.

Sehingga dirinya berharap, bekal pemahaman dan pengetahuan yang diperoleh dalam acara tersebut dapat memberikan manfaat yang lebih baik. Serta, menambah wawasan dalam melaksanakan giat program untuk kesuksesan program Kabupaten Layak Anak di Konawe Utara.

“Mudah-mudahan selama menerima peroleh materi informasi di acara Rakor ini dapat memberikan perubahan langkah kita yang lebih baik dalam mewujudkan Konawe Utara sebagai Kabupaten Layak Anak. Hadirnya kita di acara ini, menandakan adanya keinginan dan kemajuan untuk daerah kita khususnya padan kegiatan forum layak anak,”ucap Wakil Bupati Konut, Abu Haera diacara itu.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas PPPA Konut, Sarlina mengungkapkan rasa terima kasihnya atas antusias seluruh peserta hadir mensukseskan Rakor dan pengukuhan Forum Anak.

Disampaikan Sarlina, pengukuhan Forum Anak yang melibatkan Pemerintah Kecamatan, Lurah dan Desa merupakan wujud komitmen untuk bersinergi membentuk dan menyediakan fasilitas sarana prasarana Forum Anak di wilayah masing-masing.

“Kegiatan ini merupakan salah satu langkah kita untuk memberikan jaminan perlindungan kepada anak. Sehingga kedepannya, dapat tercipta regenerasi baik untuk masa depan bangsa, khususnya daerah Konawe Utara,”ujarnya.

“Kegiatan ini juga merupakan langkah kita menuju predikat Madya pada program Kabupaten Layak Anak. Setelah sebelum kita meraih predikat Pratama yang menempatkan Konawe Utara posis ke empat se-Sultra,”ungkap wanita berhijab ini.

Dalam acara juga dilakukan proses tanya jawab antara peserta dan pihak penyelenggara kegiatan. Selain itu menampilkan para remaja dari anggota Forum Anak Sultra yang memaparkan tiap klaster tentang forum anak. Juga melibatkan tim Forum Anak Kabupaten Konut yang juga sudah terbentuk sebelumnya.

Acara berjalan lancar dan sukses hingga akhir kegiatan. Para peserta yang hadir berkomitmen untuk mensukseskan program forum anak di semua tingkatan mulai kecamatan, kelurahan dan desa.***(IS/ADV/B)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!