Mesin Dispenser SPBU Tapak Kuda Bypass Terbakar, Penjualan BBM Ditutup Sementara

Mesin Dispenser SPBU Tapak Kuda Bypass Terbakar, Penjualan BBM Ditutup Sementara

Indosultra.com,Kendari – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Tapak Kuda Bypass, Kelurahan Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengalami arus pendek listrik atau korsleting hingga mengeluarkan asap, Sabtu (6/8/2022) sore.

Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun warga yang tengah mengisi BBM panik dan berusaha menghindar dari lokasi kejadian.

Kapolresta Kendari Kombes Pol Muh Eka Fathurrahman, mengungkapkan kejadian berawal saat pegawai SPBU sedang melakukan pengisian BBM jenis Pertalite pada satu unit mobil Hondra Brio, kemudian melihat ada percikan api di mesin dispenser.

“Saat muncul percikan api di mesin dispenser pulau 1, petugas lalu menekan tombol emergency di mesin dispenser dan mengambil 1 buah Apkar lalu menyemprotkan ke mesin dispenser,” ujar Eka dalam rilisnya, Sabtu (6/8/2022) malam.

Lanjut Eka, saat dilakukan pemeriksaan oleh saksi yang merupakan petugas teknisi akhirnya ditemukan di dalam sebuah mesin dispenser atau pompa SPBU di pulau 1 ada komponen (resistor) yang hangus. Sehingga menurut saksi, penyebab dari kebakaran itu diduga akibat arus tegangan listrik yang naik turun.

Akibat kejadian itu, saat ini SPBU Tapak Kuda ditutup sementara penjualan BBM sampai selesai dilakukan pengecekan terhadap mesin dispenser oleh pihak Depot Pertamina dan Teknisi. (b)

Laporan : K15