Musrenbang di Laskep, Ruksamin Paparkan Berbagai Program Dan Menekankan Untuk Bersinergi, Bekerjasama Demi Masa Depan Konut

Bupati Konut didampingi Wakil Bupati Konut, Sekda Konut, Ketua DPRD Konut saat menggelar Musrenbang di Kecamatan Lasolo Kepulauan
Indosultra.Com,Konawe Utara – Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Dr.Ir.H.Ruksamin,ST.,MT.,IPU., Asean Eng, kembali melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Lasolo Kepulauan (Laskep).
Kegiatan itu, juga merupakan Musrenbang dihari terakhir setelah melaksanakan Musrenbang di 12 Kecamatan se-Konut.
Musrenbang barlangsung, salah satunya adalah dalam rangka menyerap aspirasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan yang merata di seluruh wilayah Kabupaten Konawe Utara, sehingga lebih baik, maju, sejahtera dan berdaya saing.

Di Kecamatan Laskep, diketahui merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Konut kaya akan Sumber Daya Alam (SDA) nya, baik di sektor pariwisata dengan Pulau Labengkinya, sektor kelautan dan perikanan, bahkan sumber daya mineral, berupa nikel juga dihasilkan oleh wilayah yang terbentuk dari gugusan pulau-pulau ini.

Dalam sambutanya, Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, dapat di bandingkan sebelum dirinya menjadi Bupati di Bumi Oheo itu, dan setelah saya dia menjadi Bupati.

Berbagai program dan tata kelolah pemerintahan berhasil dijalankan dan memberikan perubahan yang sangat besar seperti, dirinya sebagai kepala pemerintahan mendefenitifkan
Kecamata Laskep, kemudian bertahap di bangun, jalan, listrik, ketersediaan air bersih, dan lainnya.
“Sekarang saya dapat bisikan dari Ketua DPRD Konawe Utara untuk menambah lagi ruas jalan yang diaspal,”ungkap Ruksamin dalam Musrenbang yang dihadiri langsung Ketua DPRD Konut, Ikbar, Wakil Bupati Konut Abu Haera, Sekda Konut, Kasim Pagala, para Kepala Dinas se-Konut, Pemerintah Kecamatan, Kelurahan, Desa dan masyarakat.
“Saya juga mengajak kepada Camat, Kepala Desa, sampai dengan Aparat Desa yang merupakan perpanjangan tangan Pemda yang bersentuhan langsung dengan masyarakat untuk bersinergi, bekerjasama, mensingkronkan data untuk menghadapi tantangan kedepan yaitu kemiskinan ekstrim, inflasi, dan stunting, dimana ketiga masalah ini juga merupakan fokus Pemerintah Pusat untuk diselesaikan,”tambah Ruksamin sembari mengeluarkan imbauan.
Ruksamin yang juga mantan Ketua DPRD Konut ini, mengungkapkan, bahwa data kemiskinan ekstrim di Laskep sisa 5 orang dari sebelumnya yang masih berjumlah diangka 10 an orang.
Hal itu kata dia, menjadi fokus pemerintah secara bersama-sama turun langsung menuntaskan masalah masyarakat.
“Jadi saya minta kepada para pimpinan di Desa, jangan lagi membeda-bedakan masyarakat hanya karena beda pilihan politik, berikan pelayanan yang merata dan maksimalkepada seluruh masyarakat,”tegasnya.
Sebagai kepala pemerintahan, dirinya memastikan seluruh masyarakat mendapatkan jaminan kesehatan dan jaminan pendidikan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang akan menjadi masa depan Kabupaten Konut.
“Untuk para kepala desa, catatkan saya anak-anak kita dari Laskep yang sedang kuliah, Pemerintah Daerah sudah menyiapkan beasiswa untuk anak-anak Konawe Utara agar orang tua tidak terbebani lagi dengan biaya kuliah,”terang Ketua DPW Sultra Partai PBB ini.

Dirinya menyadari tentang kondisi fotografi Laskep yang terdiri dari beberapa gugusan pulau serta kondisi demografi masyarakat yang rata-rata bekerja sebagai nelayan. Untuk itu, dalam program pembangunannya di Laskep juga memfokuskan pada ketersediaan dermaga yang layak, yang dapat menunjang perekonomian masyarakat di Lasolo Kepulauan.**(IS) (ADV)Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra