Pakai Baju Adat Kesultanan Buton di HUT RI ke 77, Jokowi Tuai Pujian

Pakai Baju Adat Kesultanan Buton di HUT RI ke 77, Jokowi Tuai Pujian
Presiden RI mengenakan pakaian adat Buton, Sultra

Indosultra.com, Kendari – Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi, menggunakan pakaian adat Dolomani dari Kesultanan Buton Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) saat menjadi Inspektur Upacara pada peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan ke 77 RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022).

“Pada peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI di tahun-tahun sebelumnya, saya mengenakan pakaian adat daerah, dari Aceh, Sumatra Barat, Kalimantan Selatan, Sunda, Jawa, Betawi, Bali, Sasak, Bugis, dan lain-lain. Hari ini, 17 Agustus 2022, saya menghadiri upacara peringatan HUT ke-77 RI dengan baju Dolomani,”tulis Jokowi melalui Instagram pribadinya @Jokowi, Rabu (17/8/2022) pagi.

“Tahukah Anda, baju adat yang saya kenakan ini dari daerah mana?,”lanjut Jokowi.

Dalam postingan tersebut Presiden ke-7 RI tersebut menuai banyak pujian dan dukungan Hingga 2.456 komentar. “Pakaian adat dari Buton pak, Sulawesi tenggara pak..selamat hari kemerdekaan pak Jokowi… Merdeka,”tulis @Melindaosnalda

“Dari Buton pak, tepatnya Buabau Sulawesi Tenggara, terimakasih pak sudah membuat kami bangga dengan budaya kami,”tulis @nr_rphny.

Dari informasi yang dihimpun, Baju Dolomani merupakan pakaian adat Kasultanan Buton. Pakaian adat tersebut sering dikenakan oleh Sultan Buton ke-35, Sultan Muhamad Ali. Dalam baju tersebut terdapat sejumlah filosofi, yaitu sulaman bermotif bunga rongo yang melambangkan perjalanan seorang pemimpin. Ia bermula dari bawah, lalu naik ke atas menjadi seorang pemimpin. Kemudian, ia akan turun lagi ke bawah menjadi rakyat biasa.

Pakaian adat dolomani terdiri dari baju, celana, sarung, dan kopiah. Saat mengenakan pakaian ini dilengkapi dengan kotango (baju dalaman), sulepe (ikat pinggang), ewanga (keris atau badik), dan katuko (tongkat).

Diketahui Presiden Joko Widodo disiapkan baju adat Tolaki dan Buton untuk upacara Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2022. Baju adat pertama bernama Babung Ginasamani Ulusalu asal Tolaki dan baju adat Kesultanan Buton. Kadis Kominfo Sultra, Ridwan Badallah mengungkapkan, dua baju adat yang dibawa ke Istana mewakili daerah daratan dan kepulauan Sultra. (b)

Laporan : Ramadhan