Pejabat Bupati Mubar Tinjau Kondisi SMPN 1 Napano Kusambi Yang Terendam Banjir

Indosultra.Com, Laworo – Pejabat Bupati Muna Barat, La Ode Butolo bersama Kepala Baan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Muna Barat Karimin meninjau genangan air yang melandai Sekolah Menengah Pertama Negeri( SMPN) 1 Napano Kusambi.

Pejabat Bupati Muna Barat, La Ode Butolo mengatakan bahwa ia bersama kepala BPBD telah turun meninjau langsung ke SMPN 1 Napano Kusambi. Saat kunjungan kondisi air telah surut di pelataran sekolah. Namun ia mengarahkan ke BPBD untuk membuat saluran pembuangan air menuju ke laut, ungkapnya.

“Sehingga ketika musim hujan, air tidak tertampung di halaman sekolah, jadi kita buatkan saluran pembuangan air sejauh 500 meter untuk mencegah banjir tersebut bebernya Rabu (20/3/2024).

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Napano Kusambi , La Ode Suhaeni mengapresiasi langkah Pemda dalam mengatasi persoalan banjir yang selalu menjadi keluhan tiap tahun ketika musim hujan melanda, ungkapnya.

“Setiap musim hujan di sekolah ini selalu di landa banjir, keadaan making parah selama seminggu terakhir hujan sehingga air merembes hingga kedalam ruangan belajar”, jelasnya.

Ia menambahkan, akibat banjir tersebut ada tiga ruangan belajar terendam banjir. Banjir yang melanda SMPN 1 Napano Kusambi tersebut berasal banjir dari rawa yang ada di samping sekolah sehingga kalau hujan curang tinggi atau rendah air tetap mengalir di halaman sekolah karena berada di dataran rendah, pungkasnya. (IS/B)

Laporan : La Bulu.

Koran Indosultra Koran Indosultra