Pemda Butur Gandeng UHO Laksanakan Pelatihan Peningkatan SDM ASN Bidang PPBS dan IT

Pemda Butur Gandeng UHO Laksanakan Pelatihan Peningkatan SDM ASN Bidang PPBS dan IT

Indosultra.Com,Kendari – Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara (Butur) melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia aparatur sipil negara bidang Perencana Pengangaran Berbasis Sains (PPBS) dan Informasi Teknologi (IT).

Pelatihan tersebut dilaksanakan selama empat hari mulai senin 12-14 Juni 2023 di hotel Swiss- Belhotel Kendari.

Bupati Buton Utara (Butur), Muhammad Ridwan Zakaria mengatakan, pelatihan ini merupakan wujud dari pada kerja sama antar UHO dengan Pemda Butur, dan kegiatan ini adalah salah satu dari sekian kegiatan yang kami kerjasamakan.

“Dan hari ini adalah khusus perencanaan peranggaran dan ini merupakan sebuah langkah yang cukup strategis untuk Pemda Butur. Mudah-mudahan kegiatan hari ini akan memberikan manfaat besar buat aparatur sipil negara (ASN) Pemda Butur,” ujarnya, Senin (12/6/2023).

Lanjut, Kata Zakaria untuk kedepan pihaknya akan terus kembangkan lebih luas lagi dan kerja sama apa yang terkait dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

“Tapi hari ini perencanaan peranggaran adalah hal yang sangat mendesak dan strategi untuk bisa memberikan pengetahuan dan pengalaman bagi ASN Pemda Butur dalam tugas sehari-hari,” bebernya.

Dan untuk narasumber hari ini ada dari kementerian dalam negeri, depertemen keuangan, dan kementerian bapennas. Karena tiga lembaga ini sangat terkait langsung kegiatan hari ini.

“Karena yang kami butuhkan ASN yang mengerti masalah IT,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Rektor Uho Prof. Muhammad Zamrun Firihu menuturkan,
Bahwa UHO berusaha untuk mendampingi Pemda Butur dari berbagai aspek untuk menyukseskan pembangunan di Butur dan ini salah satunya pelatihan peningkatan kapasitas SDM ASN bidang perencana pengangaran sains dan IT.

“Dan yang urgent yang kami harus lakukan dalah bagimana kami membekali para ASN Butur bisa merencanakan program kegiatan ini dengan baik,” ungkapnya.

Untuk menyelesaikan masalah di Butur kan harus direncanakan dengan matang makanya perencanaan itu pihaknya harus di bekali betul-betul dengan ilmu pengetahuan yang bagus khususnya juga yang berkaitan dengan teknologi informasi.

“Pelatihan hari ini fokusnya ada dua yang pertama bagaimana merencanakan dengan baik prongram prongram pembangunan di Butur dan yang kedua bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk kemudian keberhasilan perencanaan pembangunan di Butur,” Bebernya.

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra