Penanganan Dini Korban Banjir di Lasolo, Dinsos Konut Siapkan Ratusan Paket Sembako

Penanganan Dini Korban Banjir di Lasolo, Dinsos Konut Siapkan Ratusan Paket Sembako

Indosultra.Com,Konawe Utara-Pemerintah Kabupaten Pemkab Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), melalui Dinas Sosial (Dinsos) Konut, siapkan ratusan paket sembako untuk para korban banjir lumpur yang berada di Desa Andeo, Tetelupai dan Matapila, Kecamatan Lasolo.

Kabid Limjamsos Dinsos Konut, Sariladdin mengatakan, bantuan sembako tersebut sudah dipaketkan, dan siap disalurkan dini hari kepada warga terdampak.

“Data keseluruhan 3 desa ada 164 kepala keluarga (kk),”ungkap Sariladdin melalui via telepon, Jumat (13/5/2022).

Dikatakan, donasi yang diberikan dalam bentuk paket makanan itu, sebagai upaya penanganan dini pemerintah atas bencana yang ditimpa masyarakat setempat.

Sebelumnya, pada Rabu (11/5/2022) malam masyarakat Desa Andeo, Tetelupai dan Matapila, Kecamatan Asera dilanda bencana banjir lumpur.

Peringati Hardiknas, Guru SMP di Kendari Kenakan Pakaian Adat Nusantara

 

Fasilitas perabot dan rumah warga hancur. Tak hanya itu, tanaman dan peternakan ikan warga juga ikut jadi korban banjir lumpur.

Kerugian masyarakat 3 desa, ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Banjir terjadi akibat luapan air sungai yang masuk kerumah-rumah warga dan jalan raya.

Peristiwa luapan air, dikarenakan adanya penyumbatan air kali dari jembatan beton yang di bangun PT Artha Gunung Batu (AGB) di Desa Andeo.

Gorong-gorong jembatan yang kecil membuat sampah, dan potongan kayu yang terbawa arus kali tersendat.

Kejadian itu, diperparah dengan adanya lumpur bercampur batu yang turun dari perusahaan PT Teratai, sehingga menyebabkan pendangkalan kali. Air bercampur lumpur meluap keluar membanjiri rumah warga.

Bupati Konut, Ruksamin melalui Wakil Bupati Konut Abu Haera turun langsung melakukan penanganan dini terhadap masyarakat terdampak. Serta melakukan pembongkaran jembatan beton milik PT AGB.*(IS). (LIPSUS)

Laporan: Jefri