Penutupan Acara Gerakan Sosial di Desa Langlang Singosari Mengubah Sampah Menjadi Cuan

Penutupan Acara Gerakan Sosial di Desa Langlang Singosari Mengubah Sampah Menjadi Cuan

Indosultra.Com, Malang – Desa Langlang baru-baru ini menyelenggarakan sebuah project Bersama mahasiswa hubungan internasional dari Universitas Muhammadiyah Malang yang menjadi sorotan warga setempat.

Acara tersebut, yang bertemakan optimalisasi nilai ekonomis dari sampah dengan program pengolahan daur ulang sampah, merupakan perwujudan semangat kebersamaan dan kekompakan masyarakat desa.

Dengan penuh sukacita, acara tersebut ditutup dengan baik, meninggalkan kenangan indah bagi setiap peserta.

Acara ini diadakan selama tiga hari yang dibagi dalam sebulan, melibatkan berbagai kegiatan yang mempererat hubungan sosial dan memupuk rasa kebersamaan dan juga memberikan ilmu baru di antara warga desa.

Dari adanya didatangkan praktisi yaitu Worca.id dan pelatihan-pelatihan yang diberikan oleh mahasiswa hubungan internasional dari Universitas Muhammadiyah Malang, setiap momen acara didesa Langlang menjadi kesempatan bagi masyarakat desa untuk bersatu, berbagi, dan mendapatkan ilmu baru tentang mengoptimalisasi nilai ekonomis dari sebuah sampah rumah.

Penutupan acara ini diselenggarakan di aula kantor desa. Dengan kesederhanaan yang ada momen penutupan ini di jadikan sebuah hari Dimana para mahasiswa memberikan pidato penutup begitu juga oleh kepala desa yang berterima kasih atas apa yang sudah diberikan oleh mahasiswa hubungan internasional UMM yang sudah memilih desa Langlang sebagai tempat praktikum mata kuliah Gerakan sosial.

Pada momen ini juga mahasiswa memberikan pelakat sebagai kenang-kenangan untuk perangkat desa sebagai tanda bahwa sudah melakukan praktikum di desa Langlang.

Selain itu, acara penutupan juga menjadi momen emosional bagi panitia pelaksana alias mahasiswa hubungan internasional Universitas Muhammadiyah Malang yang telah bekerja keras untuk menyelenggarakan acara tersebut.

Mereka diapresiasi dan diberikan ucapan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam menjadikan project ini sebuah keberhasilan.

Dengan penutupan yang meriah ini, acara praktikum mata kuliah Gerakan sosial yang bertemakan optimalisasi nilai ekonomis sampah melalui program pengolahan daur ulang sampah tidak hanya meninggalkan kenangan indah, tetapi juga meninggalkan warisan kebersamaan dan kekompakan yang akan terus dikenang oleh masyarakat desa.

Semangat kebersamaan ini diharapkan dapat terus berkembang dan menjadi fondasi bagi acara-acara serupa di masa depan. Desa Langlang membuktikan bahwa kekuatan mahasiswa dapat menghasilkan manfaat dan kegunaan yang tak terlupakan.**

Oleh: Fadli Harbiansyah

Koran Indosultra Koran Indosultra