Potensi Ekonomi Kreatif Besar di Sultra, Sekda Imbau Berikan Ruang

Potensi Ekonomi Kreatif Besar di Sultra, Sekda Imbau Berikan Ruang
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio, di acara Pekan Produk Unggulan Ekonomi Kreatif Provinsi Sultra Tahun 2022, di Hotel Claro.

Indosultra.com, Kendari – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio mengajak jajaran pemerintah untuk memberikan tempat bagi masyarakat untuk mengembangkan ekonomi kreatif. Hal ini dilakukan lantaran ekonomi kreatif menjadi salah satu sektor strategis percepatan pembangunan di tingkat daerah, nasional maupun di tingkat global.

Pj Sekda Sultra, Asrun Lio, saat mewakili Gubernur menyampaikan hal ini pada acara Pekan Produk Unggulan Ekonomi Kreatif Provinsi Sultra Tahun 2022 di salah satu hotel di Kendari pada Rabu (8/9/ 2022).

“Sulawesi Tenggara hari ini memiliki potensi yang sangat besar dalam pengembangan ekonomi kreatif, yang terdapat 17 kabupaten/kota. Baik di wilayah daratan maupun kepulauan yang masing-masing dari wilayah tersebut memiliki kekhasan yang dipengaruhi oleh perkembangan seni, budaya, tradisi dan kearifan lokal yang tentu saja itu semua memberikan keragaman serta mampu bernilai jual dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif Sulawesi Tenggara,” kata Asrun Lio dalam rilis pers, Kamis (8/9/2022).

Ia menerangkan, berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sultra tahun 2020 yang didasarkan pada data Penerima Bantuan Bagi Pelaku usaha yang terdampak pandemi, tercatat ada sekitar 2.300 pelaku usaha yang tersebar di 17 kabupaten/kota. Jika ini diberdayakan potensinya tentu saja akan berpengaruh pada serapan tenaga kerja, tingkat pengangguran, dan pendapatan daerah, yang pada akhirnya akan berkontribusi pada pembangunan ekonomi Sulawesi Tenggara melalui 17 sub sektor yang ada di ekonomi kreatif, yaitu Kriya, Kuliner, Fesyen, Fotografi, Desain Produk, Arsitektur, Seni Pertunjukan, Film Animasi dan Video, Game, Percetakan, TV dan Radio, Desain Interior, Seni Rupa, Musik serta Periklanan

“Saya selaku Pimpinan Daerah menyambut baik terselenggaranya Pekan Produk Unggulan Ekonomi Kreatif Sulawesi Tenggara Tahun 2022 pada kesempatan ini, yang bertujuan untuk membangun ekosisten ekonomi kreatif melalui pemberdayaan, sinergitas dan kolaborasi di dalamnya,” terang Asrun. (b)

Laporan : Ramadhan