Satgas Covid Konut Bersama Aparat Gabungan Gagalkan Transaksi Sabu Lintas Provinsi

Ketgam: Satgas Covid-19 Konut bersama aparat gabungan Polres Konut, TNI Kodim 1417/Kendari, Kejari Konawe saat menerima piagam penghargaan atas dedikasi dan prestasi menggagalkan transaksi narkoba lintas provinsi saat menjalankan tugas.(Indosultra.Com).

Indosultra.Com, Konawe Utara-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), dipimpin Bupati Konut, Ruksamin bersama aparat gabungan berhasil gagalkan transaksi sabu lintas Pronvisi antara Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sultra.

Sebanyak 40,5 gram narkotika jenis sabu dengan harga penjualan sekitar Rp 110 juta bersama pemiliknya berhasil diamankan aparat gabungan dari Kepolisian Polres Konut, TNI Kodim 1417/Kendari, Kejari Konawe, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Konut.

Penangkapan berlangsung di pos penjagaan tetewatu wilayah Perbatasan Sultra dan Sulteng, tepatnya di Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konut dan Kabupaten Morowali pada Sabtu, (15/5/2021) sekitar pukul 04.00 wita atau waktu subuh.

“Penangkapan terjadi pada sabtu subuh saat aparat sedang melakukan penyekatan di pos pengamanan dalam rangka operasi ketupat 2021 dan pencegahan virus covid-19,”kata Kapolres Konut AKBP Achmad Fathul Ullum ditemui di Posko Utama Covid-19 Konut, Senin (16/5/2021).

Perwira berpangkat dua bunga melati ini menjelaskan, sebelum tertangkap personil Polres mencurigai gerak-gerik salah seorang pengendara mobil yang hendak melintas di area pos penjagaan. Selain itu, pelaku juga tidak dapat menunjukkan kelengkapan identitas, dan hasil swab antigen covid-19.

“Personil kemudian membuntuti pelaku yang menggunakan mobil. Sebelum transaksi sabu berlangsung personil lakukan penggeledahan. Didalam mobil pelaku ditemukan dua paket bungkusan yang diduga sabu seberat 40,5 gram,”ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya belum bisa memberikan keterangan lebih jauh dikarenakan masih proses pemeriksaan dan pengembangan. Dari informasi awal, pengedar sabu berasal dari Kota Kendari dan bertransaksi dengan warga asal Morowali Sulteng. Saat ini pelaku ditahan di Mako Polres Konut.

Bupati Konut, Ruksamin yang juga sebagai Ketua Satgas Covid-19 Konut memberikan apresiasi besar atas dedikasi dan kerja keras tim aparat gabungan dalam memberikan jaminan perlindungan terhadap daerah dan masyarakat.

Pria bergelar doktor ini mengatakan, Hal itu menjadi bukti nyata bahwa Pemda Konut, satgas covid bersama Kepolisian dan TNI betul-betul menjalankan tugas dengan baik, tidak hanya menetralisir penyebaran virus covid-19, tapi juga memberikan jaminan keamanan dari tindakan kriminal.

Atas prestasi itu, seluruh personil yang bertugas mulai dari Pimpinan dan jajaran Polres Konut, TNI Kodim 1417/Kedari, Kejari Konawe, Satgas Covid Konut dan Forkompimda Konut peroleh piagam penghargaan sebagai pahlawan pelindung masyarakat.

“Ini bukti keseriusan seluruh aparat gabungan bertugas melindungi masyarakat. Tidak ada kata lelah, terbukti jam 4 subuh tim aparat kita gagalkan transaksi sabu dengan jumlah besar. Harapan kami, terus bekerja dengan baik dan kompak,”tukasnya.**(IS)

Laporan: Jefri Ipnu