Seorang Nelayan Busel Hilang Saat Melaut

Indosultra.com, Kendari – Seorang nelayan asal Kecamatan Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan (Busel), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dilaporkan hilang saat hendak melaut di sekitar perairan Pulau Batu Atas pada Senin (11/10/2021) sekitar pukul 16:00 WITA.

Humas Basarnas Kota Kendari Wahyudi mengatakan, pihaknya menerima informasi dari kepala desa Wacuala yang melaporkan tentang satu orang nelayan hilang di sekitar perairan Pulau Batu Atas Kabupaten Buton Selatan. Korban diperkirakan hilang saat memancing ikan sejauh 2 Notice Mil arah utara dari Desa Wacuala.

” Diketahui korban bernama La Manggalo 60 tahun, warga Desa Wacuala, Kecamatan Batu Atas,” ungkap Wahyudi dalam keterangan tertulisnya pada Senin (11/10/2021) malam.

Berdasarkan laporan tersebut, lanjut Wahyudi, pada pukul 16.20 WITA Tim Rescue Pos SAR Baubau diberangkatkan menuju LKK dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR.

Ia menjelaskan, kronologisnya kecelakaan laut itu terjadi pada 9 Oktober 2021 pukul 21.00 WITA korban berangkat melaut untuk mencari ikan, kebiasaan korban kembali dari melaut pada saat subuh menjelang pagi. Namun hingga pagi korban tidak pulang, sehingga keluarga melakukan pencarian dengan menggunakan 7 buah longboat milik keluarga dan masyarakat, tetapi hasilnya nihil.

Adapun warna perahu yang digunakan yaitu biru. Korban keluar melaut menggunakan baju warna kuning, dan korban memiliki riwayat sakit pada perut.

Laporan : Amir