Subhanallah, Sujud Terakhir Bupati Koltim Sebelum Wafat Saat Melakukan Ibadah Shalat

Ketgam: Dokumentasi Bupati Koltim, Samsul Bahri yang diunggah di facebook sebelum wafat saat tengah ibadah shalat.(Foto Istimewah).

Indosultra.Com, Kolaka Timur-Bupati Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra), Syamsul Bahri Madjid,
meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Konawe pada Jumat (19/3/2021) sekitar pukul 19.45 wita.

Rasa duka yang sangat mendalam sangat dirasakan keluarga, kerabat sampai dengan seluruh masyarakat Koltim karena telah kehilangan putra daerah yang santun, merakyat, sederhana dan religius.

Sebelum ajal menjemput, almarhum melakukan ibadah shalat yang mengibaratkan sebagai sujud terakhir mensucikan diri untuk menghadap sang pencipta tepat di hari Jum’at.

Momen haru itu, sempat diabadikan salah seorang warga bernama Ikhwal Khoir di akun facebooknya saat Bupati terpilih dipilkada 2020 ini melakukan ibadah shalat sebelum wafat.

Dalam foto yang diunggah, terlihat almarhum mengenakan, pakaian kemeja batik berwarna coklat muda dengan celana panjang hitam, dan sujud diatas sejadah berwarna biru dengan posisi menghadap kiblat didalam sebuah ruangan.

“Sebelum bermain bola…sujud terakhir”tulis Ikhwal Khoir dengan emot sedih yang ditujukan kepada alamarhum Bupati Koltim Samsul Bahri. Sabtu (20/3/2021).

Semasa hidup, almarhum dikenal memiliki agama yang kuat, taat ibadah dan sering berdakwah di masjid-masjid dan sangat menyayangi keluarganya.

“Selamat jalan pa bupati. Tak terasa baru beberapa minggu beliau mengutus anggotanya meminta kepada kami untuk membantu mengelola rencana pendirian sekolah islam terpadu dan pondok pesentren Tahfidz Qura’n di Koltim. Engkau sebagai bupati tetapi juga sebagai pendakwah dimana khutbah dan ceramah agama adalah kebiasaanya.
Engkau yang tidak pernah meninggalkan sholat lima waktu dan berahlak santun tanpa membeda-bedakan sesama manusia. Insha allah husnul khotimah meninggal di hari jum’at yang penuh barokah..Aamiin ya rabbal aalamiin,”tambah Ikhwal Khoir dengan dengan penuh rasa sedih.

Untuk diketahui, sebelum tutup usia pasangan Wakil Bupati Koltim, Andi Merya Nur ini mengikuti pertandingan persahabatan sepak bola antara Pemda Koltim dan Tim Partai Gerindra pada pukul 16.00 wita. Tempat kegiatan, lapangan Sepakbola Latamoro.

Sekira pukul 16.45 wita kick babak pertama selesai dan para pemain termasuk almarhum beristirahat. Selanjutnya, alamarhum bergeser ke kepinggir lapangan dan langsung duduk sambil mengkonsumsi air mineral dan menghabiskan sebanyak satu botol.

Selang beberapa saat kemudian, almarhum langsung pingsan dan tidak sadarkan diri. Selanjutnya, langsung dibawa Ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Tirawuta untuk mendapatkan pertolongan medis.

Namun, pada pukul 19.45 wita, almarhum menghembuskan nafas terakhirnya. Informasi terakhir, rencananya malam ini jenazahnya akan dibawa ke Rumah Jabatan (Rujab) Bupati Kolaka Timur.**(IS)

Laporan: Redaksi