Tanam Perdana Padi Sawah, Bupati Koltim Abd Azis Wujudkan Mimpi Warga Tongauna

Tanam Perdana Padi Sawah, Bupati Koltim Abd Azis Wujudkan Mimpi Warga Tongauna

Indosultra.com, Kolaka Timur – Sebuah tonggak sejarah awal era baru bagi Desa Tongauna, Kecamatan Ueesi, dengan dimulainya program tanam perdana padi sawah oleh Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, pada Kamis (01/02/2024).

Inisiatif ini mewujudkan impian masyarakat Tongauna, terutama warga transmigrasi, untuk dapat mempraktikkan budidaya padi sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi tanaman padi melalui perluasan areal tanam (PAT).

Acara tanam perdana ini dihadiri oleh Kepala Seksi Operasi BWS Sulawesi IV Kendari, Hartina, sejumlah pimpinan OPD, Kapolsek Uluiowi, dan ratusan masyarakat setempat.

Bupati Abd. Azis SH.MH. menyampaikan rasa terima kasih kepada BWS Wilayah IV Kendari dan seluruh pihak yang turut serta dalam memaksimalkan potensi di Tongauna.

“Ibarat Tongauna ini, adalah berkah yang diturunkan, apa saja yang ditanam pasti tumbuh. Kami berharap agar areal yang ada ini, untuk dimaksimalkan. Mudah-mudahan hasil produksinya nanti maksimal juga,” harap Bupati Azis.

Bupati juga menyoroti permasalahan infrastruktur jalan yang selama ini menjadi kendala di daerah tersebut. Namun, dengan tegas, Bupati menegaskan komitmen Pemerintah Koltim untuk memaksimalkan infrastruktur jalan guna mendukung hasil panen yang optimal.

“Kami berupaya secepat dan semaksimal mungkin, pemda akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjawab harapan dan kebutuhan masyarakat, karena hasil panen yang bagus akan maksimal kalau ditunjang dengan kondisi infrastruktur yang baik juga. Terima kasih kepada Pemerintah Desa Tonguna yang telah menjadi tuan rumah yang baik,” ucapnya.

Kepala Seksi Operasi BWS Sulawesi IV Kendari, Hartina, berharap hasil panen di Tongauna akan memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi masyarakat. Pihaknya juga berjanji untuk terus membantu perluasan areal persawahan di lokasi ini.

Menurut data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Koltim, luasan lahan yang ditanami pada penanaman perdana mencapai kurang lebih 52 Ha, seluruhnya dimiliki oleh warga transmigrasi.

Ali, seorang warga transmigrasi, bersyukur kepada Bupati Koltim dan Pemerintah Daerah yang telah memperhatikannya. Dia menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan jajaran yang telah mewujudkan impian mereka untuk menanam padi di area transmigrasi ini. Warga berharap kegiatan ini akan menjadi berkah dan penopang ekonomi lokal.

Dengan dimulainya penanaman padi, keyakinan masyarakat Tongauna terhadap ketersediaan stok beras semakin meningkat. Program ini diharapkan dapat menjawab tantangan pasokan beras dan memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, terutama mengingat pengalaman kesulitan pasokan beras pada musim penghujan 2019 ketika akses jalan terputus total.

Laporan : Asrianto. Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra