Tangan Dingin Azis Muslim Memajukan Daerah dan Masyarakat Konut Dibidang Perumahan

Ketgam: Kadis Perumahan dan Permukiman Konut, Azis Muslim

Indosultra.Com, Konawe Utara-Sejak diamanahkan tugas dan tanggung jawab oleh Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Dispermukim) Konut, Asis Muslim terus bekerja keras menuntaskan persoalan pembangunan bidang perumahan diwilayah itu.

Terbukti, realisasi program perumahan dan permukiman melalui bantuan yang disalurkan langsung baik dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBN ke masyarakat dapat dijalankan dengan baik, sehingga mengalami pengembangan dan kemajuan dari tahun ke tahunnya.

Penyaluran program bantuan perumahan seperti Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan lainnya dengan total anggaran miliyaran rupiah itu betul-betul menyentuh langsung ke masyarakat yang membutuhkan mulai masyarakat kategori miskin, perumahan nelayan sampai dengan masyarakat korban banjir. Donasinya, tersebar di 13 kecamatan.

“Alhamdulillah tiap tahunnya, untuk bantuan program bedah rumah dan pendirian rumah baru berjalan baik dan mengalami peningkatan. Ini berkat suport dan dorongan penuh dari pak bupati yang selalu mengawal untuk masyarakat,”kata Azis Muslim,”Kata Azis Muslim diruang kerjanya, Rabu (3/2/2021).

Ketgam: Bupati Konut, Ruksamin bersama Ketua DPRD Konut dan jajaran Dispermukim Konut saat meresmikan bangunan rumah baru untuk masyarakat nelayan di Laimeo.(Indosultra.Com).

Azis sapaan akrabnya mengatakan, di 2019 lalu pihaknya telah menyalurkan 461 RTLH kepada masyarakat dengan rincian masing-masing 191 unit melalui alokasi ABPD Konut, dan 270 unit lainnya bersumber dari APBN Pusat. Penerimannya, berdasarkan usulan dari masing-masing pemerintah desa/kelurahan.

Selain itu, juga diprogramkan peningkatan infrastruktur drainase di kawasan pedesaan yang ditempatkan di Desa Labungga, Wanggudu Raya, Ala Wanggudu, Laronanga, dan Lamondowo. Tujuannya, untuk memperlancar saluran air yang masuk di pemukiman warga, serta mengatasi penyumbatan.

Ketgam:Bupati Konut, Ruksamin bersama Ketua DPRD Konut dan jajaran Dispermukim, perwakilan Kementerian PUPR dan mitra kerja Pemda Konut saat menyalurkan bantuan BPSPS kepada 200 kepala keluarga tersebar di 13 kecamatan.(Indosultra.Com).

Kegigihan kerja tim Dinas Permukim Konut mampu meningkatkan jumlah bantuan perumahan di Bumi Oheo itu. Di 2020, sekitar 1.092 unit bantuan perumahan disalurkan diantaran, BSPS strategis 779 Unit. PB 203 unit, PK, 576 unit BSPS NAHP reguler PK 185 unit, dan DAK 128 unit.

Selain itu, program Kawasan Anti Kumuh (Kawanku) di 2020 juga di luncurkan dan menjadi terobosan baru untuk memaksimalkan gerakan memberantas kemisikan dan meningkatkan kesejahteraan Dibidang bantuan perumahan.

“Tiap rumah memperoleh bantuan sebanyak Rp17,5 juta sampai 35 juta, ini ditransfer langsung melalui rekening penerima bantuan. Jumlahnya itu, sudah termasuk ongkos tukang seperti, Rp15 juta untuk bahan bangunan dan Rp2,5 juta untuk biaya tukang,”ujarnya.

Diungkapkan, penerima bantuan tidak serta-merta diberikan begitu saja kepada masyarakat, melainkan atas dasar verifikasi data oleh pihak Kementerian perihal alokasi pemberdayaan masyarakat. Pelaksanaannya pun, merujuk pada petunjuk teknis yang telah ditetapkan oleh Kementerian.

“Di tahun 2021 ini kami terus bekerja maksimal agar lebih baik dan meningkat lagi sehingga program Konasara untuk masyarakat yang sejahtera dan berdaya saing terlaksana dengan baik. Alhamdulillah pak bupati terus memberikan supportnya dan mengawal sampai di tingkat Kementerian,”tukasnya.**(IS).