3 Pesan Gubernur untuk ASN Sultra di Upacara HUT Korpri ke 51

3 Pesan Gubernur untuk ASN Sultra di Upacara HUT Korpri ke 51
Sukanto Toding

Indosultra.com, Kendari – Asisten III (Administrasi Umum) Sekretariat Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sukanto Toding, memimpin upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-51 Sultra, di lapangan upacara Kantor Gubernur Sultra, Selasa, (29/11/2022).

Mewakili Gubernur Sultra, Sukanto Toding, menyampaikan Korpri yang beranggotakan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai aparatur pemerintahan yang memiliki peran sangat penting dalam penyelenggaraan negara, utamanya dalam pelaksanaan kebijakan pembangunan nasional dan daerah, karena sejumlah keputusan strategis mulai dari perumusan kebijakan, implementasi serta pelaksanaan program dan kegiatan dalam berbagai sektor pembangunan dilaksanakan oleh PNS.

Dengan demikian, maka anggota Korpri diharapkan dapat menerjemahkan arah, tujuan dan sasaran dari setiap kebijakan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Setidaknya ada 3 pesan gubernur Ali Mazi kepada para Korpri untuk turut aktif mendukung kebijakan nasional dan daerah.

“Pertama, peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kedua, pembangunan ekonomi berkelanjutan melalui optimalisasi pengelolaan serta pengembangan potensi dan sumber daya yang dimiliki, guna peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam berbagai aspek. Ketiga, melakukan
revitalisasi pemerintahan daerah melalui tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.”kata Sekda dalam rilis pers, Selasa (29/11/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dukungan terhadap kebijakan tersebut akan dapat terlaksana dengan baik, jika anggota Korpri mampu mengaktualisasikan nilai-nilai dasar ASN berakhlak (berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif dan kolaboratif), serta bangga membangun bangsa.

“Sehingga dengan itu, harapan menjadikan anggota Korpri sebagai pelayan sejati bagi masyarakat yang bekerja dengan sepenuh hati, Insyaa Allah dapat kita wujudkan,”lanjutnya.

Asisten III Pemprov Sultra ini juga berharap agar Korpri menjadi agen mewujudkan tujuan reformasi birokrasi, pusat pembaharuan dan pusat unggulan bagi ASN selaku lokomotif penggerak organisasi pemerintahan dan pembangunan, serta mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

“Secara psikologis, saya sangat mengharapkan Korpri selalu menjaga soliditas, dan solidaritas anggota Korpri serta mampu membangun sinergitas dengan berbagai komponen, agar dapat terus maju dan berkembang secara bersama-sama, demi pengembangan kualitas diri dan peningkatan kesejehteraan anggota Korpri di masa mendatang,” ucap Sukanto. (b)

Laporan: Ramadhan