50 Peserta Berkompetisi di Assessment Center JPTP Pemda Koltim 2024

Indosultra.Com, Kendari – Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur kembali menunjukkan komitmennya terhadap kualitas kepemimpinan dengan menyelenggarakan Assessment Center dalam Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) tahun anggaran 2024.

Kegiatan ini diadakan bekerja sama dengan Polda Sulawesi Tenggara dan diresmikan pada Selasa, (20/2/2024), di salah satu hotel di Kota Kendari.

Acara ini dihadiri oleh Bupati Koltim, Abd Azis SH MH, Karo SDM Polda Sultra Kombespol Danang Beny Kuswandono SIK MH mewakili Kapolda Sultra, Ketua Tim Assesor Mabes Polri Kombes Pol Indra Setiawan SH SIK MH, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, dan sejumlah pimpinan OPD.

Sebanyak 50 ASN pemegang jabatan Eselon 3 dari berbagai latar belakang, termasuk sekretaris dinas, kepala bagian, camat, kepala bidang, dan sekretaris camat dari Koltim dan luar Koltim, berpartisipasi dalam seleksi ini untuk memperebutkan 11 posisi JPTP setingkat Eselon 2. Posisi tersebut melibatkan Kepala OPD, Asisten, dan Staf Ahli Bupati Koltim.

Karo SDM Polda Sultra memberikan keyakinannya bahwa seleksi ini akan berjalan independen dan menghasilkan pimpinan berkualitas.

Ia menekankan bahwa evaluasi akan didasarkan pada kompetensi dan pengalaman masing-masing peserta, tanpa memerlukan pembelajaran khusus seperti ujian sekolah.

Bupati Koltim Abd. Azis, SH, MH. menyampaikan bahwa assessment ini bertujuan untuk mengukur akurasi peserta dalam menyelesaikan permasalahan di instansi masing-masing.

Ia menegaskan bahwa seleksi akan dilakukan secara objektif, memberikan setiap peserta kesempatan yang sama, dan menyarankan untuk berdoa dan berikhtiar tanpa menyembunyikan kenyataan.

Ketua Tim Assesor, Kombes Pol Indra Setiawan, menjelaskan bahwa assessment ini merupakan perintah undang-undang melalui Peraturan Men PAN/RB, Pihaknya memastikan bahwa soal-soal yang diberikan mencerminkan aktivitas sehari-hari dari masing-masing peserta.

Selain itu, Assessment Polri telah mendapatkan Akreditasi A dari BKN dan Kemen PAN RB, serta meraih Rekor MURI sebagai lembaga dengan peserta terbanyak yang menggelar assessment.

Semoga kegiatan ini berjalan lancar, dan peserta mampu menunjukkan kemampuan dan kompetensinya secara optimal.**(IS)

Laporan Asrianto: Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra