Musrenbang RKPD 2025 di Kecamatan Aere, Langkah Awal Menuju Pembangunan Berkelanjutan di Kolaka Timur

Indosultra. Com, Kolaka Timur – Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2025 di Kecamatan Aere, Hari Kedua, menjadi babak baru dalam upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Kolaka Timur.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Bupati Kolaka Timur, dalam hal ini diwakili oleh Asisten 1, Arisman,SE. membuka kegiatan Musrenbang Kecamatan dalam rangka penyusunan Rancangan awal RKPD Tahun 2025, yang berlangsung di Kecamatan Aere, Rabu (21/02/2024)

Dengan tema “Optimalisasi Kebijakan Operasional Gemas Koltim dalam Keberlanjutan Kebijakan Daerah,”

Musrembang ini juga turut dihadiri Kepala Bapedda, Forkopimda, OPD, Kabag, Danramil, Kapolsek, Camat Aere, Kepala Desa se-Kec. Aere, Tokoh Agama, Tokoh pemuda, Pendamping desa,Tokoh masyarakat serta sejumlah pihak Terkait lainya.

Sambutan dari Asisten 1 Arisman, SE, menegaskan komitmen pemerintah dalam menggali potensi daerah untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Langkah strategis ini menjadi bukti konkret bahwa kebijakan operasional Gemas Koltim menjadi landasan utama dalam setiap langkah pembangunan di Kecamatan Aere.

Sebagai bagian dari agenda, sesi tanya jawab menjadi momen interaktif antara pemerintah desa, masyarakat Kecamatan Aere, dan kepala Bappeda serta beberapa pihak OPD.

Masyarakat secara aktif mengusulkan berbagai usulan bantuan yang diharapkan dapat mendukung keberlanjutan pembangunan di tingkat lokal, dalam partisipasi masyarakat sangat dihargai dan menjadi dasar dalam perumusan kebijakan.

Kepala Desa se-Kecamatan Aere turut berpartisipasi dalam sesi tanya jawab, menyampaikan aspirasi dan kebutuhan masyarakatnya dalam dialog terbuka.

Hal ini menciptakan ruang untuk berbagai perspektif, memastikan kebijakan yang dihasilkan lebih tepat sasaran dan responsif terhadap kebutuhan riil masyarakat.

Dalam suasana penuh antusiasme, Musrenbang RKPD 2025 di Kecamatan Aere bukan hanya menjadi acara seremonial, tetapi juga peluang berharga untuk pemahaman mendalam mengenai kebijakan operasional Gemas Koltim.

Proses ini melibatkan penyampaian informasi dan jawaban atas pertanyaan dari peserta, sementara evaluasi kritis dilakukan untuk memastikan pembangunan di masa mendatang dapat memperbaiki kelemahan dan memperkuat aspek positif dari kebijakan sebelumnya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Dr. Mustakim Darwis, SP.,M.Si menegaskan bahwa Musrenbang 2025 digelar dalam rangka mengembang amanat masyarakat kecamatan aere.

Usulan produktivitas dari tingkat dusun hingga desa dirangkum menjadi satu, nantinya akan dibahas di tingkat kabupaten dalam rapat bersama perwakilan kecamatan dengan mempertemukan masing-masing OPD terkait.

Kepala Bappeda Mustakim Darwis berperan penting sebagai penerima usulan bantuan dari masyarakat, melibatkan dialog konstruktif dan evaluasi langsung.

Pemerintah memfokuskan implementasi Gemas Koltim untuk tahun 2025, dengan menitikberatkan pada peningkatan ketahanan pangan, pertanian, perkebunan, stunting, dan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, perumahan, dan lampu jalan, meskipun secara berangsur sesuai dengan kemampuan keuangan daerah.

Selain itu, Camat Aere, Hardi, S,Pd. mengajak kepada seluruh desa di Kecamatan Aere untuk secara bersama-sama mengidentifikasi permasalahan, baik yang terkait dengan tata pemerintahan maupun pembangunan serta pembinaankemasyarakatan di desa.

“Saya mengajak kepada kepala desa untuk membangun kolaborasi yang erat dengan pemerintah Kolaka timur, khususnya kepada Bupati, guna menghadirkan solusi yang lebih efektif dan responsif terhadap kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat desa,” Ujar camat aere

Musrenbang RKPD 2025 di Kecamatan Aere bukan hanya sekadar acara seremonial, melainkan langkah awal yang sangat signifikan menuju pembangunan yang berkelanjutan.

Partisipasi aktif masyarakat, transparansi pemerintah, dan fokus pada optimalisasi kebijakan operasional Gemas Koltim menjadikan acara ini sebagai tonggak penting dalam perjalanan pembangunan di wilayah ini.

Di akhir kegiatan ini, turut di rangkaian dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan dokumen berupa Buku Kecamatan Dalam Angka Tahun 2023 yang di serahkan langsung oleh Bupati Kolaka Timur dalam Hal ini Asisten 1 kepada Camat Aere. **(IS)

Laporan Asrianto: Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra