Apresiasi Kinerja Kadis Perpustakaan, Bupati Konut Minta Terus Kembangkan Sarpras Perpus Lebih Moderen

Apresiasi Kinerja Kadis Perpustakaan, Bupati Konut Minta Terus Kembangkan Sarpras Perpus Lebih Moderen
Kadis Perpustakaan Konut saat menyambut kedatangan Bupati Konut membuka kegiatan Road Show Literasi

Indosultra.Com, Konawe Utara– Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), Ruksamin memberikan apresiasi kinerja kadis Perpustakaan dan Kearsipan Konut, Sairham dalam memimpin instansi itu.

Apresiasi diberikan, karena mampu memberikan perkembangan dan perubahan yang signifikan pada fasiltas sarana dan prasarana (sarpras) perpus baik dari segi infra struktur, oprasional perpustakaan keliling dan ketersediaan buku-buku untuk masyarakat dinas tersebut.

Hal itu diungkapkan Ruksamin usai membuka kegiatan Road Show Literasi di Aula Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, pada Jumat (21/7/2023), dengan mengusung tema “Kolaborasi Dan Bersinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”.

Apresiasi Kinerja Kadis Perpustakaan, Bupati Konut Minta Terus Kembangkan Sarpras Perpus Lebih Moderen

“Perpustakaan kita mengalami perubahan dan perkembangan yang baik. Ini tentunya sangat berpengaruh pada minat baca masyarakat, juga pelajar untuk datang di perpustakaan. Tugas kita terus mengembangkan fasilitas agar lebih maju lagi,”ungkapnya Ruksamin.

Meski demikian, mantan Ketua DPRD Konut ini meminta kepada pimpinan dan jajaran Dinas Perpustakaan agar tidak merasa puas dengan apa yang telah dicapai. Melainkan terus meningkatkan inovasi dan kreativitasnya dalam mengembangkan perpustakaan di Bumi Oheo.

Dirinya juga berharap, seiring kemajuan teknologi dan era digital saat ini, dinas perpustakaan juga harus tampil berdaya saing, dengan maksud tidak hanya menyiapkan fasilitas sarana buku secara manual saja, tetapi secara medoren dengan menggunakan sistem internet.

“Kita harus berinovasi. Kita menyesuaikan dengan perkembangan. Hadirkan internet, infrastruktur. Kalau kita lihat di Perpustakaan lain jumlah bukunya terbatas, tapi buku digitalnya luar biasa. Nah inilah yang kita harapkan dan mendorong pengembangannya dengan menghadirkan perpustakaan digital, ini sangat penting,”ujarnya.

Diamenambahkan, perpustakaan merupakan rumah taman baca masyarakat untuk memperoleh bahan informasi dan ilmu pengetahuan. Olehnya itu, harus memiliki ketersediaan fasilitas yang memadai untuk menciptakan generasi-generasi penerus yang berkualitas, yang maju dan berdaya saing.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, sukses menggelar Road Show Leterasi.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, pada Jumat (21/7/2023), dengan mengusung tema “Kolaborasi Dan Bersinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”.

Turut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Konut, Ruksamin, Wakil Bupati Konut, Abuhaera, Ketua DPRD Prov Sultra, Abdurrahman Saleh,.Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sultra, Para Staf Ahli, Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Konut, serta Para Dewan Juri dan Peserta Kegiatan Road Show Literasi 2023.

Road Show Literasi diselenggarakan bertujuan untuk memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan, dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kepada masyarakat dan para generasi penerus.

Bupati Konut, Ruksamin menyampaikan, perpustakaan merupakan salah satu institusi layanan publik untuk mendorong pengembangan kualitas, potensi dan ilmu pengetahuan masyarakat terutama kepada para pelajar yang menjadi generasi penerus.

Sehingga, kata dia, pentingnya Road Show Literasi dilaksanakan karena menjadi salah satu langkah pemerintah untuk membangun sinergitas mersama mitra terkait, seperti DPRD mengembangkan program kerja yang mendukung kemajuan literasi masyarakat atau semangat membaca dan menulis.

Manta Ketua DPRD Konut ini lebih jauh menerangkan, bahwa masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh layanan, memanfaatkan, dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

Disampaikan, dalam program pengembangan sumber daya manusia melalu literasi memiliki hak yang sama dan setara, baik untuk mereka yang berada di daerah terpencil, terisolir, atau terbelakang sebagai akibat faktor geografis.

Lanjut, begitu pula masyarakat yang cacat atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.

”Kami Pemerintah Daerah sangat mendukung upaya yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Nasional dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sejak tahun 2016, dan Kabupaten Konawe Utara telah menjadi mitra, baik itu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Konawe Utara hingga Perpustakaan Desanya,”ujarnya.**(IS) (ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra