Ketua DPR Prov Sultra Puji Gerakan Bupati Konut Kembangkan Sultra Sebagai Pusat Energi Dunia Seiring Memajukan SDM Disektor Pendidikan,

Indosultra.Com, Konawe Utara – Program Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadikan Provinsi Sultra sebagai Pusat Energi Dunia menuai banyak respon positif oleh banyak pihak. Salah satunya, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Provinsi Sultra, Abdurrahman Saleh.

Abdurrahman Saleh menyampaikan, apresiasinya kepada Bupati Konut, Ruksamin yang memiliki semangat tinggi untuk mengabdi kepada daerahnya, dan memajukan daerahnya lebih berkembang hingga berbicara skala dunia.

Menurutnya (Abdurrahman Saleh) niat itu bulan sekedar isapan jempol belaka, sebab Ruksamin sudah membuktikan dalam kepemimpinannnya untuk mempersiapkan generasi penerus melalui program disektor pendidikan.

Ketua DPRD Provinsi Sultra 2 periode ini menerangkan, program beasiswa bupati Konut yang diadakan, dan pengiriman anak-anak lokal untuk sekolah hingga ke negeri cina merupakan gambaran positif untuk mempersiapkan tenaga ahli berkualitas kedepannya dalam membangun daerah.

“Seperti bapak Bupati Konut mensekolahkan, menterening anak-anak ke berbagai perguruan tinggi, bahkan sampai ke cina dengan tujuan kembali untuk jadi tuan rumah di negeri sendiri, artinya tidak lagi jadi penonton kedepannya. Ini merupakan hal luar biasa,”ungkapnya saat menghadiri acara Road Show Literasi di Aula Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, pada Jumat (21/7/2023), dengan mengusung tema “Kolaborasi Dan Bersinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”.

“Kita ketahui, ada perusahaan besar disini, pekerjakan 36 ribu tenaga kerja. Nah Kalau kita tidak punya literasi habis kita, kerena semua sudah di kuasai mereka. Kita suka mengeluh, marah, protes tapi kita tidak punya dasar keilmuan. Kita harus punya ilmu pengetahuan yang bisa di pakai. Inilah yang kita apresiasi gerakan Bupati Konut yang mendorong kemajuan sektor pendidikan,”ujarnya sembari mendapat aploud dari para peserta yang hadir.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga menyarankan, agar gagasan Bupati Konut, Ruksamin menciptakan Sultra sebagai Pusat Energi Dunia sepatutnya dapat didukung, karena merupakan inovasi pemikiran anak daerah untuk kemajuan bersama.

“Tidak usah ada yang diperdebatkan. Karena dia (Ruksamin Red…) Juga ingin mengabdi untuk untuk negeri. Mati kita adu gagasan, ide, ilmu pengetahuan untuk kemajuan daerah kita. Semua punya hak yang sama, dan patut disuport,”ungkapnya diacara itu.

Diamenambahkan, suksesnya program Road Show Literasi yang berlangsung di Konawe Utara diharapkan menjadi dorongan pemerintah, DPRD dan mitra terkait untuk terus mengembangkan kualitas sumber daya manusia, serta sarana dan prasarana sebagai penunjang menciptakan generasi yang baik dan maju.

Seperti diketahui Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra, sukses menggelar Road Show Leterasi.

Kegiatan itu berlangsung di Aula Pertemuan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Konut, pada Jumat (21/7/2023), dengan mengusung tema “Kolaborasi Dan Bersinergi Untuk Penguatan Literasi Masyarakat Melalui Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial”.

Turut dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Konut, Ruksamin, Wakil Bupati Konut, Abuhaera, Ketua DPRD Prov Sultra, Abdurrahman Saleh,.Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Prov Sultra, Para Staf Ahli, Asisten Setda dan Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemda Konut, serta Para Dewan Juri dan Peserta Kegiatan Road Show Literasi 2023.

Road Show Literasi diselenggarakan bertujuan untuk memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan, dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa kepada masyarakat dan para generasi penerus.

Bupati Konut, Ruksamin menyampaikan, perpustakaan merupakan salah satu institusi layanan publik untuk mendorong pengembangan kualitas, potensi dan ilmu pengetahuan masyarakat terutama kepada para pelajar yang menjadi generasi penerus.

Sehingga, kata dia, pentingnya Road Show Literasi dilaksanakan karena menjadi salah satu langkah pemerintah untuk membangun sinergitas mersama mitra terkait, seperti DPRD mengembangkan program kerja yang mendukung kemajuan literasi masyarakat atau semangat membaca dan menulis.

Manta Ketua DPRD Konut ini lebih jauh menerangkan, bahwa masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh layanan, memanfaatkan, dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

Disampaikan, dalam program pengembangan sumber daya manusia melalu literasi memiliki hak yang sama dan setara, baik untuk mereka yang berada di daerah terpencil, terisolir, atau terbelakang sebagai akibat faktor geografis.

Lanjut, begitu pula masyarakat yang cacat atau kelainan fisik, emosional, mental, intelektual, dan sosial berhak memperoleh layanan perpustakaan sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan masing-masing.

”Kami Pemerintah Daerah sangat mendukung upaya yang telah dilakukan oleh Perpustakaan Nasional dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sejak tahun 2016, dan Kabupaten Konawe Utara telah menjadi mitra, baik itu Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Konawe Utara hingga Perpustakaan Desanya,”ujarnya.**(IS) (ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra