Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV Kendari Akselerasi Respons Terhadap Banjir Tumbudadio Dan Lara

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV kendari telah merespons dengan cepat dampak banjir di Desa Tumbudadio dan Desa Lara. Pada kunjungan kerja tersebut, Andi Adi Umar Dani, ST. MT, selaku Kepala BWS Sulawesi IV, dan tim teknisnya turun langsung ke lapangan untuk mengevaluasi dan menangani dampak banjir yang terjadi beberapa hari yang lalu. Rabu (06/03/2024).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim, Dewa Made Ratmawan, S.ST., M.T., menyambut baik kunjungan tersebut. Ia mengucapkan terima kasih atas perhatian dan respons cepat dari Balai Wilayah Sungai (BWS) terhadap usulan Pemda Kolaka Timur.

“Semoga langkah ini segera bisa terwujud dan memberikan manfaat besar bagi masyarakat Koltim, khususnya warga yang terdampak banjir di Desa Tumbudadio dan sekitarnya,” ujar Made Ratmawan.

Dalam koordinasi sesuai instruksi dari Bupati Koltim Abd. Azis SH.MH, Pemda Kolaka Timur, melalui BPBD Dewa Made Ratmawan, S.ST., M.T., berkoordinasi dengan Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV. Langkah ini dianggap sebagai respons konkrit dalam penanganan dampak banjir di wilayah Kolaka Timur.

Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV kendari merespons dengan sangat cepat di areal persawahan Desa Tumbudadio. Mereka menurunkan tim teknisnya untuk mengevaluasi kondisi Sungai Iwoikondo, yang diidentifikasi sebagai penyebab lambatnya aliran air akibat pendangkalan dan sedimentasi, menjadi fokus peninjauan tim teknis BWS.

“Dengan diturunkannya tim teknis, saya berharap usulan kami untuk melakukan normalisasi sungai sepanjang 2.5 km dapat direalisasikan oleh pihak BWS. Tujuannya, agar banjir di areal sekitarnya tidak terulang lagi,” tuturnya.

Harapan besar terletak pada kinerja tim teknis BWS, yang diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat terdampak dan mencegah risiko banjir di masa mendatang. Ini menjadi langkah konkret dalam upaya kemaslahatan masyarakat Kolaka Timur.

Dewa Made Ratmawan, Kepala BPBD Koltim, mengajak semua pihak untuk bersatu dalam Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (GEMAS) Koltim.

“Marilah selalu berbuat dan berusaha untuk kemaslahatan masyarakat serta kemajuan daerah kita. Bersama Program bupati GEMAS Koltim, kita pasti bisa,” tutupnya dengan harapan yang optimis.(IS/B)

Laporan: Asrianto Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra