BBM Naik, Pemkot Cairkan BLT, Ini Kisarannya

BBM Naik, Pemkot Cairkan BLT, Ini Kisarannya
Ilustrasi

Indosultra.com, Kendari – Guna mengurangi beban masyarakat pasca-naikannya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), pemerintah gerak cepat memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat melalui Kantor Pos.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir, mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan PT. Pos melalui Dinas Sosial (Dinsos) dalam hal pengiriman data yang dibutuhkan. “Sebagaimana yang sebelumnya BLT minyak goreng, kita termasuk yang tercepat. Untuk bisa segera menyalurkan”kita Sulkarnain dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/9/2022).

Ia mengatakan, pihaknya akan mengupayakan waktu penyaluran BLT pada minggu ini di bulan September tahun 2022. “Mohon doanya, kalau senin sudah ada persetujuan dan selanjutnya transfer dana ke PT. Pos. Insya Allah Selasa sudah bisa kita salurkan,” ungkap Sulkarnain.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Kendari, Abdul Rauf menuturkan, jajarannya siap memfasilitasi warga untuk mendapatkan bantuan. Menurutnya, bantuan tersebut berkisar Rp150 ribu per bulan dan akan berlangsung selama empat bulan.

“Bantuan subsidi BBM itu berkisaran Rp. 150 ribu-perbulan selama empat bulan, dan akan disalurkan dengan cara dua tahap dan untuk tahap pertama sekitar Rp 300 ribu,” jelasnya.

Menurut Abdul Rauf, tercatat ada 50 ribu KPM telah kita kirim berdasarkan DTKS dan akan diverifikasi oleh pihak Kementerian.

Untuk informasi lebih lanjut masyarakat bisa mendatangi Kantor Dinas Sosial atau bertanya melalui Aplikasi New Laika, pada menu Aduan dengan memilih aduan publik, selanjutnya cari dan pilih Dinas Sosial Kota Kendari.

Diketahui, BLT BBM merupakan salah satu dari paket bantuan sosial pemerintah setelah mengalihkan subsidi BBM. Pemerintah menganggarkan bantuan sosial untuk membantu sektor transportasi seperti, ojek, angkutan umum, nelayan serta bantuan tambahan perlindungan sosial lainnya. (b)

Laporan : Ramadhan