Besok, Warga Kendari Dapat Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Besok, Warga Kendari Dapat Menyaksikan Gerhana Bulan Total

Indosultra.com, Kendari – Masyarakat Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2021 ini dapat menyaksikan secara langsung puncak Gerhana Bulan total pada Rabu (26/5/2021) pada pukul 19:18 WITA.

Gerhana bulan total tersebut diperkirakan akan berlangsung selama 5 jam 5 menit 2 detik, yang dimulai sejak awal kemunculan gerhana hingga gerhana itu berakhir.

Untuk wilayah Sultra khususnya Kota Kendari, Blood Moon mulai dapat disaksikan pada pukul 16:46 WITA saat Gerhana bulan total memasuki fase dimulainya gerhana tersebut.

Gerhana bulan total yang akan berlangsung pada hari itu, bulan akan terlihat kemerahan sering disebut Blood Moon atau Bulan Darah. Hal itu disebabkan oleh cahaya kemerahan dari matahari yang dibiaskan (dipantulkan) oleh atmosfer bumi, hingga sampai kepermukaan bulan.

Sementara itu, wilayah yang berada di sebagian Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah (Sulteng), Sulawesi Selatan (Sulsel), Nusa Tenggara Barat (NTB), Bali, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Lampung, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Jambi, sebagian Sumatera Barat, sebagian Riau, dan Kepulauan Riau, akan dapat mendapati Bulan sudah dalam fase gerhana sebagian pada saat Bulannya terbit.

Selanjutnya, akan dapat mengamati gerhana hingga gerhananya berakhir. Adapun Gerhana bulan total yang akan datang, dapat diamati lagi di Indonesia pada 8 Oktober 2033. (b)

Laporan : Rachmat Ramadhan