Bupati Konut Berperan Aktif Dalam Upaya Antisipasi Bencana Menjelang Pemilu 2024

Ketgam: Bupati Konut, Ruksamin bersama PJ Gubernur Sultra Diacara Rakoor Antisipasi Bencana

Indosultra.Com, Konawe Utara – Bupati Konawe Utara (Konut), Ruksamin, menunjukkan keterlibatannya dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Wilayahnya.

Hal itu diungkapkan saat ia menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) antisipasi bencana. Rakor tersebut, merupakan langkah strategis pasca-pemberitahuan dini oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait potensi bencana di Wilayah Sulawesi Tenggara.

Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara, Komjen Pol Andap Budi Revianto, memimpin langsung rapat yang berlangsung di aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra pada Kamis, 1 Januari 2024.

Kehadiran Ketua DPRD Provinsi Sultra, Forkopimda Provinsi Sultra, Bupati dan Walikota se-Sultra, KPU, Bawaslu Provinsi Sultra, serta sejumlah instansi terkait, menegaskan keseriusan dalam memastikan pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar, dan kondusif.

Bupati Konut, Ruksamin didampingi oleh Pj. Sekda Konut, Dandim 1430/Konut, dan Kalak BPBD Konut, turut aktif berkontribusi dalam diskusi strategis tersebut.

Dalam rakor ini BMKG Sultra menjelaskan potensi bencana meliputi banjir, tanah longsor, angin puting beliung, dan gempa bumi, khususnya di Kabupaten Konawe Utara yang diidentifikasi sebagai daerah rawan gempa.

Langkah-langkah preventif dan responsif terkait potensi bencana di Sultra terkhusus di Konawe Utara menjadi fokus pembahasan, menandai sinergi antara pemerintah daerah dan provinsi dalam menghadapi tantangan yang mungkin timbul.

Dengan data Geomap ESDM dan EQ Repository BMKG, Kabupaten Konawe Utara tercatat sebagai wilayah berpotensi terdampak gempa di Pulau Sulawesi.

Oleh karena itu, diharapkan manajemen kesiap-siagaan bencana menjadi krusial, dengan penekanan pada penguatan manajemen data dan informasi serta pengetahuan bencana kepada masyarakat.

Pemerintah Daerah diharapkan aktif dalam membangun kapasitas masyarakat terhadap layanan publik informasi kebencanaan.

Langkah-langkah proaktif ini diperlukan untuk meningkatkan kesiap-siagaan dalam menghadapi potensi bencana dan mewujudkan Pemilu 2024 yang aman, lancar, dan kondusif.

Mengantisipasi hal tersebut Bupati Konawe utara telah melangkah lebih maju dimana sebelumnya telah mengeluarkan surat edaran terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana diwilayahnya.

Bahkan dalam waktu dekat Pemda Konut akan melakukan apel kesiapsiagaan bencana.***(IS)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra