Bupati Konut Buka Puasa Bersama 3.000 Santri di Pondok Pesantren Al Askar Kendari Dan Siap Didirikan Pondok Pesantren Program 1.000 Penghafal Al-Qur’an

Indosultra.Com, Kendari – Ditengah kesibukan di Bulan Suci Ramadhan yang penuh berkah, Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin, memperlihatkan kesederhanaan dan kepeduliannya.

Dengan kerendahan hati, Bupati Konut, Ruksamin menyempatkan diri untuk berbuka puasa bersama 3.000 santri, tenaga pengajar, dan pengasuh Pondok Pesantren Al Askar di Kota Kendari pada Senin, 18 Maret 2024.

Acara yang dihadiri oleh berbagai pejabat penting seperti Asisten III, Kadis Nakertrans, Kabag Kesra, Prokopi, dan Umum Konut ini, menjadi momentum yang sangat istimewa baginya.

Dalam kesempatan itu, Ruksamin yang juga mantan Ketua DPRD Konut ini, tidak hanya menyampaikan rasa syukurnya atas undangan tersebut, tetapi juga mengungkapkan bahwa kehadiran di acara tersebut merupakan suatu berkah yang luar biasa baginya.

Ia juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memaparkan beberapa program yang sedang digagas oleh Pemerintah Daerah Konawe Utara.

Salah satu program unggulan yang diungkapkan adalah, seleksi imam di seluruh masjid Wilayah Konawe Utara secara online.

Dengan program ini, masyarakat baik lokal maupun luar daerah dapat mendaftar sebagai imam dengan syarat memiliki hapalan minimal 15 jus.

Untuk mendorong partisipasi, lanjut Ruksamin, Pemda Konut juga menyiapkan gaji sebesar minimal Rp 7 juta per bulan bagi imam terpilih.

Tidak hanya itu, Bupati Konut 2 periode ini juga menyinggung tentang kewajiban Pemda Konut dalam mendukung pendidikan, termasuk bagi para santri.

“Saat ini, Pemerintah Konawe Utara sedang melakukan penghitungan untuk membebaskan biaya pendidikan bagi semua santri asal Konawe Utara.
Langkah ini diambil sebagai bentuk komitmen untuk mendukung pendidikan di daerah Konawe Utara,”ucapnya diacara itu.

Diakhir penyampaiannya, sebagai langkah untuk mewujudkan visi Konawe Utara sebagai kota 1.000 penghafal Al-Quran, ia meminta kepada pimpinan Pondok Pesantren untuk membangun satu pesantren di wilayah Konawe Utara.

Ditempat itu, Ruksamin menyatakan berjanji untuk menyediakan bangunan yang diperlukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.

Dengan langkah-langkah konkret ini, Bupati Ruksamin menunjukkan keseriusannya dalam memajukan pendidikan dan keagamaan di Konawe Utara.**(IS/B)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra