Bupati Konut Dorong Kualitas Kesehatan dan Pendidikan Kerjasama Perguruan Tinggi Serta RS di 2 Provinsi

Ketgam: Bupati Konut saat melakukan tandatangan kerjasama dengan perguruan tinggi dan rumah sakit.(Indosultra.Com).

Indosultra.Com, Konawe Utara-Kepemimpinan Ruksamin sebagai Bupati Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), terus melahirkan terobosan untuk kemajuan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Daerah diwilayah itu.

Memasuki masa jabatan dua periode sebagai pimpinan di Bumi Oheo itu, pria yang akrab di sapa Bung Sam ini, kembali menunjukkan inovasinya untuk kemajuan pendidikan dan jaminan kesehatan kepada masyarakat.

Terbukti, jaringan koordinasi yang dibangun pria bergelar doktor ini mampu memberikan keyakinan kepada para mitra kerja untuk membangun sinergitas kepada Pemerintah Konut yang dipimpinnya.

Tercatat ada 11 universitas perguruan tinggi, dan 5 rumah sakit besar ternama yang tersebar di Provinsi Sultra dan Sulawesi Selatan melakukan kerjasama dengan Pemda Konut.

Kesepakatan itu, berlangsung melalui tandatangan nota kesepahaman kerjsama yang dilakukan oleh Bupati Konut mewakil pemerintah bersama dengan universitas dan rumah sakit, Kamis (24/2/2022).

Untuk perguruan tinggi antara lain, Universitas Hasanuddin, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Halu Oleo, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Lakidende, Universitas Terbuka, Universitas Dayanu Iksanudin, Institut AIN Kendari, Institut IAI Al Mawaddah Warahmah Kolaka dan STIKES Karya Kesehatan.

Sedangkan Rumah Sakit yang menandatangani kerjasama dengan Pemda Konut adalah, RSUD Bahteramas, RSUD Kota Kendari, Rumah Sakit Tk. IV Bhayangkara, Rumah Sakit Tk. III Ismoyo serta BPJS Kab. Konawe Utara.

Dari data yang diperoleh awak media, penandatanganan dengan lerguruan tinggi dilakukan untuk kerjasama dalam peningkatan kualitas strata pendidikan putra-putri Konut untuk meningkatkan SDM. Selain itu, meningkatkan kerjasama dalam pengabdian kepada masyarakat.

Sementara, dengan pihak rumah sakit, kerjasama dilakukan untuk memberikan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat Konut, serta kemudahan pelayanan jaminan kesehatan.

“Kami memberikan apresiasi besar kepada Pemda Konawe Utara karena bukan hanya menjamin kesehatan warganya, tetapi memberikan inovasi dengan pendampingan tenaga medis bagi yang mendapatkan rujukan sampai pengurusan jaminan kesehatan yang sangat mudah”kata Kepala RS Bahtermas Kendari dikegiatan itu.

Ditempat yang sama Bupati Konut Ruksamin mengatakan, apa yang dilakukan semata-mata untuk mendorong kemajuan SDM dan dunia kesehatan sebagai dasar untuk memajukan daerah dan mencitakan regenerasi yang baik dan berkualitas.

“Apa gunanya pintar dan cerdas tapi tidak sehat, maka dari itu kami upayakan pendidikan dan peningkatan SDM hingga pelayanan dan jaminan kesehatan yang murah untuk masyarakat. Dan mudah untuk dapat mengelola segala kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) bagi kehidupan mereka di masa depan, agar misi Kabupaten Konawe Utara yang Sejahtera dan Berdaya Saing dapat benar-benar terwujud,”ujarnya.

“Untuk itu kami terus melakukan kerjasama dengan peningkatan inovasi bentuk kerjasama, bahkan kedepan kami akan melakukan kerjasama dengan Universitas Diponegoro dan Universitas Tinggi yang lain di kota-kota besar”tutupnya dengan nada sengat.*(IS) (ADV)

Laporan: Jefri