Cek Stok Pangan Jelang Nataru, Pj Walikota Kendari Sidak 3 Pasar

Cek Stok Pangan Jelang Nataru, Pj Walikota Kendari Sidak 3 Pasar

Indosultra.com, Kendari – Pejabat (PJ) Walikota Kendari Asmawa Tosepu melakukan sidak di 3 pusat perbelanjaan di wilayah itu, yakni Pasar Sentral, Pasar Basah dan Kantor Bulog Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (21/12/2022). Hal ini dilakukan untuk memastikan kesediaan kebutuhan pokok (Sembako) jelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Pj Wali Kota Asmawa Tosepu mengatakan, sidak ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok dan pangan di tiga pasar tersebut. Ia mengecek setiap lods untuk memastikan tidak terjadinya penimbunan barang oleh para distributor.

Menurutnya, ada beberapa bahan pangan yang mengalami penurunan harga, walaupun angkanya kecil tapi dipastikan yang lain tidak ada kenaikan harga. Sedangkan harga bawang merah dan bawang putih, lanjut Asmawa mengalami kenaikkan yang signifikan.

“Melihat para distributor ada penimbunan barang, tapi di lapangan ternyata tidak ada. Kemudian kami pastikan semua kebutuhan masyarakat menjelang natal dan tahun baru tersedia,”ujarnya saat sidak, Rabu (21/12/2022).

Harga bahan pokok masyarakat di pasar sangat relatif bisa dikendalikan, rata-rata harganya masih stabil.

Dalam peninjauan terakhir di gudang Bulog Sultra, Pj Wali Kota Kendari mendapati bahwa bahan pokok tersedia semua seperti gula pasir, beras, terlur, minyak, dan bahan lainnya dan harganya terjangkau.

“Kepada distributor untuk tetap bisa menjaga stabilitas harga dalam menjelang akhir tahun, dan bisa diturunkan harganya. Untuk masyarakat jangan ada kepanikan, berkurangnya stok bahan pokok karena komunitas distributor sudah menyediakan semua,”imbau. (b)

Laporan : K15

Koran Indosultra Koran Indosultra