Cuaca Buruk, Kapal Tujuan Maluku Utara Balik Lagi ke Kendari

Cuaca Buruk, Kapal Tujuan Maluku Utara Balik Lagi ke Kendari
Kapal pelni berbalik arah akibat cuaca yang buruk yang memuat angkutan barang dan penumpang (Indosultra.com)(11/07/21) (Istimewa)

Indosultra.com, Kendari – Kapal Pelni, KM Sabuk Nusantara 57 tujuan Maluku Utara, terpaksa balik kembali ke Pelabuhan Nusantara Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akibat cuaca buruk pada Minggu (11/7/2021). Tak hanya angin kencang, gelombang tinggi sekitar empat sampai enam meter menerjang perjalanan kapal tersebut.

Kapal Sabuk 57 berangkat pada Minggu (10/7) sekita pukul 17:30 WIB, kemudian Kembali lagi ke Pelabuhan Nusantara Kendari pada pukul 01:30 WIB dan baru berlayar sekitar tujuh jam kemudian. Kapal tersebut memuat angkutan barang dan penumpang , adapula kendaran motor dan mobil.

Mahdar, Kapten Kapal Pelni mengatakan bahwa dirinya mengutamakan keselamatan penumpang sehingga harus kembali ke pelabuhan Nusantara Kendari. “Kami terpaksa harus berbalik arah dengan cuaca yang buruk, apalagi angin kencang dan dibarengi gelombang. Kami berlayar baru sampai di Manui sehingga kami tidak melanjutkan perjalalan dan menunda jadwal keberangkatan sampai tanggal 16 Juli nanti,” papar Mahdar ditemui di pelabuhan Nusantara Kendari, Minggu (11/7/2021).

Sementara itu, Fiana, salah satu penumpang KM sabuk 57 menuturkan bahwa memang angin sangat kencang dan gelombang sangat tingggi dan penumpang banyak sekali. ” Pada saat kapal berbalik arah kami tidak mengetahui hal tersebut, kami membuka maps untuk memastikan kapal ini melanjutkan perjalanannya apa memutar balik,ada pemberitahuan Ketika kapal sudah balik arah,” ungkapnya Fiana saat ditemui di Pelabuan Nusantara Kendari. (b)

Laporan : Mega J