Didampingi Kepala BKAD Dan Bapedda, Bupati Konut Konsultasikan SIPD di Kemendagri, Serta Mengenai Pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi di Konut

Indosultra, Jakarta Pusat – Suatu langkah besar dilakukan oleh Bupati Konawe Utara (Konut), Dr.Ir.H. Ruksamin, ST.,M.Si.,IPU, ASEAN Eng, untuk kemajuan sistem tata pengelolaan anggaran negara pada Pemerintahan Konut.

Didampingi Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah (BKAD) Konut, Irwan dan Kepala Bappeda Konut, La Ode Muhaimin, Bupati Konut, Ruksamin lakukan konsultasi di Kantor Ditjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kehadirannya disambut hangat oleh Pelaksana Harian (Plh) Dirjen Keuangan Daerah Kemendagri, Dr. Drs. Horas Maurits Panjaitan, M.Ec.Dev., Di ruangan Kantor kerjanya, Pada Senin, (05/03/2024)

Pertemuan tersebut bukan semata-mata formalitas, melainkan langkah proaktif dalam menangani permasalahan penatausahaan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) di Konut.

Tujuan utama pertemuan tersebut adalah berkoordinasi dengan Plh Dirjen Keuangan Daerah terkait permasalahan yang tengah dihadapi soal pengoperasian SIPD.

Salah satu fokus pembahasan adalah sistem Anggaran yang direncanakan dalam Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

Namun, tantangan muncul karena pada Perkada tersebut di luar kendali, membutuhkan update dari Kemendagri. Permasalahan lainnya adalah pelimpahan kewenangan pada beberapa bagian di Sekretaris Daerah, yang berdampak pada keterbatasan dalam melaksanakan Guna Usaha (GU).

Mengingat, Kabupaten Konut akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat provinsi Sulawesi Tenggara, urgensi penyelesaian permasalahan ini semakin mendesak.

Kesepakatan untuk memastikan proses persiapan MTQ berjalan lancar menjadi fokus utama hasil pertemuan tersebut.

Dengan komitmen bersama, Kabupaten Konawe Utara dan Dirjen Keuangan Daerah menyadari pentingnya efisiensi administratif dan sinergi kepemimpinan dalam menghadapi tantangan.

Langkah-langkah strategis akan segera diambil guna memastikan penatausahaan SIPD yang efektif dan kelancaran penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi.

Kabupaten Konawe Utara menunjukkan bahwa dengan kerjasama yang kokoh, tantangan administratif dapat diatasi untuk meraih kemajuan dan sukses daerah.

Laporan: Redaksi