Dilaporkan Hilang, Nelayan Asal Busel Ditemukan Terdampar di Pulau Selayar

PT Pertamina Patra Niaga Pastikan Program BBM Subsidi di Sultra Tepat Sasaran
Korban Aman Saleh, ditemukan Warga Selayar.

Indosultra.com, Kendari – Seorang nelayan bernama Aman Saleh (40), warga Dusun Lande I Desa Gerak Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang dikabarkan hilang pada Selasa (16/8/2022) saat menangkap ikan di sekitar perairan antara Lande Sampolawa dan Pulau Batu Atas Busel, akhirnya ditemukan dalam keadaan selamat di pulau Selayar, Sulawesi Selatan, Minggu (21/8/2022).

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi mengatakan saat pihaknya sedang melakukan operasi pencarian di hari kedua pukul 09.35 Wita menerima informasi dari kepala desa Lande yang melaporkan bahwa korban telah ditemukan di sebelah timur pulau Selayar sekitar 123 mil laut, arah barat daya dari perkiraan lokasi kejadian oleh nelayan Ready (penjaring ikan), Bumbung dalam keadaan selamat.

“Ini sudah korbannya pak, keluarga yang temukan di Selayar. Kebetulan yang temukan bapak juragan yang dapat, korbannya di Selayar,”ujar warga Selayar, dalam sebuah video yang dikirim ke pihak Basarnas, Minggu (21/8/2022) pagi.

Dijelaskan Wahyudi, pada tanggal 20 Agustus 2022 sekitar pukul 17.00 Wita, korban masih berada dalam longboatnya dengan kondisi hanyut terombang ambing dan mesin longboat yang sudah mati akibat hantaman ombak.

“Selanjutnya korban dievakuasi menuju Dusun Tipulue Desa Toro, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone dan tiba pada pukul 04.00 Wita pada hari ini,”jelas Wahyudi dalam rilis pers, Minggu (21/8/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan ditemukannya korban dalam keadaan selamat, maka operasi SAR satu buah longboat dengam penumpang 1 orang nelayan yang belum kembali dari melaut di sekitar perairan antara Lande Sampolawa dan Pulau Batu Atas dinyatakan selesai dan ditutup.

“Seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing,”tutupnya. (b)

Laporan : Ramadhan