Dinkes Konut Jalin Kerjasama Dengan PT Antam Soal Peningkatan Kualitas Kader Dan Penanganan Stunting

Indosultra.Com, Konawe Utara– Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjalin kerjasama dengan pihak PT Aneka Tambang (Antam) cabang Konut.

Kerjasama dijalin untuk pemberdayaan peningkatan kualitas kerja para kader-kader yang berada di wilayah kerja Dinas Kesehatan mendorong peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dan perekonomian masyarakat.

Selain itu, kerjasama juga dibangun untuk memaksimalkan aksi penanganan stunting, khususnya diwilayah lingkar tambang tempat PT Antam beroperasi.

Kepala Dinas Kesehatan Konut, Nurjanah Efendi, SKM.,M.Si.,M.Kes menerangkan, kerjasama dengan PT Antam saat ini tengah dalam proses penyusunan dokumen kegiatan.

Program kerjasama dibangun di bidang pemberdayaan kader yang direkrut dari masyarakat dan penangan stunting.

“Untuk awal kita rencanakan di tiga desa dulu. Yakni, Desa Tapunopaka, Mandiodo, dan Tapuemea. Nanti berkelanjutan kegiatannya diwilayah kecamatan lain,”kata Kadis Kesehatan Konut, Nurjannah Efendi, Senin 3 Juni 2024.

Nurjanah menyampaikan, pemberdayaan kader sangat penting dilakukan untuk mendorong tingkat pemahaman dan pola pikir yang lebih baik. Serta melakukan pembinaan skill dan keterampilan untuk perekonomian.

“Misalkan di bidang kerajinan tangan pengasapan ikan. Ini dimaksudkan supaya ada mata pencarian selain insentif sebagai kader yang bersumber dari dana desa,”ujarnya.

Lebih jauh dikatakan Nurjannah, dalam kerjasama yang dibangun dengan PT Antam, pihaknya juga akan melibatkan dari akademisi soal penyebab stunting.

“Seperti pola asuh, dan pengetahuan seperti soal pernikahan dini, ketidak pahaman tentang pemberian pola asuh makan, pemberian susu kaleng, itu tidak bisa untuk bayi. Selain itu, pemahaman posyandu untuk mengetahui sasaran, posyandu dilakukan penjaringan jika ada anak-anak sakit,”jelasnya.

“Inilah salah satu pentingnya pemberdaya peningkatan SDM kader. Kami kerjasama dengan PT Antam. Sekarang sementara penyiapan dokumentasi. Kita juga libatkan dari LSM peduli kesehatan,”tutupnya.***(IS/ADV/B)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!