Gandeng Ombudsman Sultra, Pemda Wakatobi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Gandeng Ombudsman Sultra, Pemda Wakatobi Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik

Indosultra.com, Kendari – Pemerintah Kabupaten Wakatobi mengandeng Ombudsman RI Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam peningkatan kualitas layanan publik di wilayah itu.

Kepala perwakilan Ombudsman Sulawesi Tenggara (Sultra) Mastri Susilo mengatakan, dengan percepatan penanganan laporan oleh Ombudsman dan upaya sinergitas antara ombudsman dan Pemda Wakatobi dalam pengelolaan pengaduan dan pencegahan maladministrasi.

Ia menjelaskan, kunjungannya di Wakatobi merupakan upaya untuk membangun sinergi dengan Kementrian, Lembaga dan Perintah Daerah. Dikatakannya, dalam waktu dekat juga akan melakukan komunikasi dan koordinasi dengan Pemda Provinsi di Sulawesi Tenggara, Kabupaten Kota dan beberapa Perguruan Tinggi dalam rangka membangun kesepahaman bersama terkait dengan pencegahan maladministrasi dan percepatan penanganan laporan melalui MOU.

Hal ini juga dilakukan, lanjut Mastri, untuk mengoptimalkan peran ombudsman dalam mencegah terjadinya maladministrasi dan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik, khususnya dalam pemenuhan komponen standar pelayanan oleh setiap penyelenggara pelayanan publik sesuai dengan UU No 25 Tahun 2009.

Sementara itu, Bupati Wakatobi Haliana menyambut baik kedatangan Ombudsman dan berharap sinergitas antara Pemda Wakatobi dengan Ombudsman dapat memberikan dampak terhadap peningkatan kualitas layanan publik di kabupaten Wakatobi.

Untuk diketahui, dalam pertemuan tersebut juga di sepakati untuk melakukan MOU (Memorandum Of Understanding) antara Pemerintah Kabupaten Wakatobi dan Ombudsman RI. (b)

Laporan Rachmat Ramadhan