Gandeng TNI AL, BI Distribusi Rupiah di Wilayah 3T di Wakatobi

Gandeng TNI AL, BI Distribusi Rupiah di Wilayah 3T di Wakatobi
Kegiatan Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat Kas Keliling 3T (Terdepan, Terpencil, Terluar) di Pulau Wakatobi, TNI dan Bank Indonesia

Indosultra.com, Kendari – Kantor perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama TNI Angkatan Laut (TNI AL) melaksanakan Program Ekspedisi Rupiah Berdaulat Kas Keliling wilayah 3T yakni Terdepan, Terpencil, Terluar di Pulau Wakatobi mulai tanggal 3 hingga 8 Oktober 2022 mendatang. Total uang yang diedarkan itu sebesar Rp 8 miliar Rupiah baru Tahun Emisi 2022.

Deputi Kepala Perwakilan BI Sultra, Aryo Wibowo T. Prasetyo mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membantu penyediaan uang layak edar di pulau-pulau terluar guna menjaga kedaulatan rupiah di Indonesia.

“Sinergi ini mempertemukan dua kepentingan, di mana TNI AL berkepentingan untuk menjaga kedaulatan di seluruh wilayah NKRI dan Bank Indonesia menjaga kedaulatan NKRI dengan rupiah,” kata Wibowo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/9/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa kegiatan ekspedisi rupiah tersebut diawali dengan upacara yang dipimpin oleh Komandan Lanal Kendari Letkol Laut (P), Abdul Kadir Mulku Zahari, dan dilanjutkan peninjauan KRI (Kapal Perang Republik Indonesia) Escolar yang merupakan kapal patroli cepat karya anak bangsa.

“Alutsista TNI AL KRI Escolar merupakan inovasi yang akan semakin memperkokoh pelaksanaan tugas TNI AL, yang memiliki tanggung jawab terhadap kedaulatan dan stabilitas keamanan maritim bangsa,”lanjutnya.

Wibowo manambahkan, program ekspedisi yang digagas merupakan yang pertama kali dilaksanakan di wilayah Sulawesi Tenggara dengan tujuan pulau Wakatobi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, dan Pulau Binongko. Pemilihan wilayah tersebut dengan mempertimbangkan akses transportasi karena terbatasnya transportasi yang memadai atau layak, baik dari sisi pengangkutan maupun dari sisi keamanan.

Selain mendistribusikan uang rupiah baru Tahun Emisi 2022, pihak BI juga melaksanakan sosialisasi dan edukasi Cinta, Bangga dan Paham Rupiah, alat pembayaran digital QRIS serta pemberian Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) berupa bantuan fasilitas pendukung belajar mengajar kepada beberapa sekolah di wilayah Wakatobi.

“Kedepannya, Bank Indonesia akan terus meningkatkan kedaulatan rupiah di wilayah NKRI melalui Ekspedisi Rupiah Berdaulat Kas Keliling 3T sehingga kebutuhan uang kartal dimasyarakat di seluruh wilayah NKRI dapat terpenuhi dalam jumlah nominal yang cukup, pecahan yang sesuai, tepat waktu dan dalam kondisi layak edar,” tutup Wibowo. (b)

Laporan : Ramadhan