Gelombang Setinggi 4 Meter Terjadi di Perairan Sultra, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Gelombang Setinggi 4 Meter Terjadi di Perairan Sultra, BMKG Imbau Masyarakat Waspada
Ilustrasi

Indosultra.com, Kendari – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem dan gelombang hingga 4 meter akan terjadi di Perairan Manui Kendari Bagian Timur, Laut Banda timur
Sultra Barat, dan Perairan Baubau pada Senin 14 hingga 17 November 2022, pukul 20.00 WITA.

Prakirawan BMKG Kendari, Gabriella Larasati, menjelaskan pola angin umumnya dari Tenggara sampai Barat Daya dengan kecepatan 2 – 10 Knot. Kecepatan angin tertinggi diperkirakan terjadi pada 3 wilayah Kendari mencapai mencapai 15 Knot.

“Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, perahu nelayan (Kecepatan angin
lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 metet), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 meter), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 meter), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter),” kata Gabriella Larasati, melalui keterangan resminya, Senin (14/11/2022).

Lebih lanjut dirinya mengimbau agar masyarakat yang menggunakan armada transportasi laut, dan warga yang tinggal di pesisir laut agar tetap waspada terhadap cuaca buruk.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada,” imbaunya. (b)

Laporan: Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra