Gempa Bumi 3,4 Magnitudo Guncang Konawe, Warga Panik Keluar Rumah

Monitoring Posisi Gempa BMKG

Indosultra.com, Kendari – Gempa Bumi berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) menguncang wilayah Sampara, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra)
Jumat (17/2/2023) Pukul 15.33 WITA.

Kepala BMKG Kendari, Rudin mengatakan berdasarkan hasil analisis, menunjukkan informasi gempa bumi yang berkekuatan berkekuatan 3,4 SR itu terletak pada koordinat 3.98  LS, 122.41 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 0.9 kilometer, Timur Laut Sampara, Kabupaten Konawe Provinsi Sultra, pada kedalaman 5 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Kendari, Segmen Utara di Timur Laut Sampara, Kabupaten Konawe,”kata Rudin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (17/2/2022).

Lebih lanjut, ia menyampaikan guncangan gempa bumi dilaporkan dirasakan di Kendari, Konawe Selatan, Konawe III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami,”Lanjutnya.

Salah satu warga Desa Puusawa Jaya, Kabupaten Konawe, Nurhawa mengatakan gempa yang terjadi sangat terasa sekali hingga membuat dirinya yang sedang tidur siang terbangun dan keluar rumah.

“Kaget ada gempa, sampai bergetar rumah, makanya saya langsung bangun dan keluar rumah padahal lagi tidur siang tadi,”ujarnya.(b)

Laporan : Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra