Hasil SDA dan Produk UMKM Konut Ikut Pameran MTQ Korpri, Kini Dilirik Investor

Hasil SDA dan Produk UMKM Konut Ikut

Indosultra.com, Kendari – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Konawe Utara (Konut) menampilkan produk UMKM binaannya mulai dari produk olahan makanan hingga kebutuhan dapur, pada pameran rangkai kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Korpri tingkat nasional di lokasi eks MTQ Kendari.

Ketua Umum Pameran MTQ Konut, La Ondjo, menjelaskan bahwa Konut memiliki banyak UMKM sehingga dengan pameran korpri itu pihaknya dapat memamerkan semua produk yang ada.

“Ada anyaman produk UMKM mengenai makanan, abon ikan dan kue,” jelas La Ondjo saat diwawancarai Indosultra.com di stand pameran, Kamis (18/11/2021).

Hasil SDA dan Produk UMKM Konut Ikut

 

Pria yang menjabat sebagai Asisten Tiga Pemerintah Daerah (Pemda) Konut itu juga mengatakan, selama berlangsungnya event itu telah banyak yang melirik produk lokal UMKM binaan, seperti dari daerah Jakarta dan Kalimantan Timur (Kaltim). Kunjungan itu tidak hanya untuk melihat saja, tapi ada pihak yang kini berencana untuk menawarkan kerjasama pada produk kelapa dalam, cengkeh dan merica.

“Mereka menginginkan untuk meminta kerjasama, ekspor-impor di Konawe Utara bisa menyiapkan berapa ton,” terangnya.

Selain itu, agar produk itu dapat go nasional dirinya telah mencanangkan agar produk-produk tersebut memiliki label dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), sehingga dapat bersaing dengan produk lainnya.

La Ondjo juga bersyukur dengan adanya pameran MTQ Korpri ini, sehingga produk-produk Konawe Utara dapat terekspos lebih jauh lagi. (b)

Laporan Rachmat Ramadhan