Imunisasi Anak 6 Sampai 11 Tahun di Konut Sudah Mencapai 52,68 Persen

Indosultra.Com, Konawe Utara-Imunisasi anak usia 6 sampai 11 tahun di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), sudah mencapai 52,68 persen atau berjumlah 4.180 anak.

Data tersebut, disampaikan Bupati Konut, Ruksamin usai melakukan tandan tangan MoU bersama PT Gamal untuk pemberangkatan umroh bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), di Rujab Bupati, Senin (31/1/2022).

Dikatakan Ruksamin, sejak dicanangkan Pemda Konut pada 24 Januari 2022 lalu. Imunisasi atau vaksinasi anak diwilayahnya terus berjalan dengan melibatkan langsung DPRD Konut, Polres Konut, Kodim 1417/Kendari dan pihak terkait lainnya.

“Data sasaran secara nasional itu 7.934 anak. Sedangkan kita di Konut saat ini sudah 4.180 anak, berarti sisa 3.754 anak lagi. Kami target 1 bulan pelaksanaanya,”ujar pria yang baru saja meraih penghargaan penangan virus covid-19 terbaik di Sultra dari Pemerintah Provinsi ini.

“Imunisasi anak sudah melalui proses, jadi aman dan halal digunakan. Ini merupakan langkah pemerintah untuk memberikan jaminan perlindungan kesehatan, dan kekebalan tubuh kepada anak-anak kita,”ucapnya.

Layanan vaksinasi anak, dilakukan sesuai standar prosedur. Pemeriksaan dilangsungkan secara bertahap untuk mengetahui kondisi kesehatan anak layak tidaknya diimunisasi. Tim dilibatkan dari dokter dan perawat.

“Pada saat pencanangan, suntikan pertama langsung diberikan kepada putra saya dan putri pak wakil bupati. Artinya apa, untuk memberikan contoh kepada masyarakat, kita harus mulai dari diri kita sendiri dulu,”tutupnya.

Layanan imunisasi anak di Bumi Oheo itu, menyentuh langsung ke siswa-siswi Sekolah Dasar (SD). Tim Vaksinator yang dibentuk turun langsung melakukan pelayanan baik di rumah sekolah maupun puskesmas. Untuk jenis vaksin yang dipakai yaitu, sinovac.*(IS)

Laporan: Jefri