Kelas BPJS Kesehatan Dihapus, di Sultra Masih Uji Coba

Indosultra.Com,Kendari – Penghapusan kelas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) telah menyebar di kalangan masyarakat.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya, penghapusan kelas rawat inap BPJS Kesehatan 1, 2, dan 3 rencananya dilakukan secara bertahap di tahun 2023.

Sistem kelas ini akan digantikan dengan sistem baru, yakni sistem kelas rawat inap standar atau disebut KRIS

Saat dikonfirmasi Kepala Bidang SDM Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Kendari, Ridwansyah mengatakan, bahwa penerapan rawat inap standar atau biasa disingkat dengan KRIS sampai saat ini masih dalam tahap uji coba. Untuk itu, nanti ada 10 rumah sakit yang ditetapkan Kemenkes sebagai uji coba untuk mengimplementasikan KRIS.

Lebih lanjut, untuk penerapan KRIS tersebut Kemeneterian Kesehatan masih dalam tahap pembahasan bersama DPR RI. Sementara itu, BPJS Kesehatan Cabang Kendari belum fokus pada KRIS, namun pihaknya akan fokus pada pelayanan dan perbaikan mutu kepada peserta yang harus lebih ditingkatkan lagi.

“Jadi, untuk penggunaan KRIS di Sulawesi Tenggara kedepannya belum diketahui seperti apa, karena kami belum mendapatkan informasi kapan bisa dijalankan dan seperti apa,” kata Ridwansyah saat ditemui diruangannya, Kamis (16/2/2023).

Dia menyampaikan, berdasarkan dari keputusan Kementerian Kesehatan bahwa pada tahun akan mengimplementasikan secara nasional penerapan KRIS.

Namun demikian, kata dia melihat dari perkembangannya belum bisa dipastikan, karena harus ada kesiapan Rumah Sakit yang harus menentukan 12 indikator untuk melakukan penyesuaian.

“Sementara dalam tahap pembahasan dan untuk uji cobanya pun diketahui seperti apa nanti,” ujarnya.

Pihaknya juga berusaha melakukan pelayanan perbaikan mutu layanan di Rumah Sakit Kota Kendari untuk memaksimalkan kelas 1,2 dan 3 dengan kamar yang ada saat ini.

Perlu diketahui, di Provinsi Sulawesi Tenggara telah hadir dua Kantor BJPS Kesehatan Cabang Kendari yang beralamat di Jalan Mayjen S. Parman, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari. Sedangkan untuk Kantor BPJS Kesehatan Cabang Baubau berada di Jalan Sultan Datanu Ikhsanuddin, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau.(b)

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra