Kolaborasi Pemda Konut, DPRD Dan YTIJ Kembangkan Dunia Pendidikan Melalui Metode GASING

Indosultra.Com, Konawe Utara-Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), terus berkomitmen mendorong kemajuan pendidikan dan Sumber Daya Manusia (SDM) diwilayah itu.

Melalui Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan (Disdikbud), program pendidikan terus diciptakan untuk mengembangkan wawasan dan ilmu pengetahuan peserta didik.

Selain itu, juga mendorong kualitas tenaga pendidik dan memberikan fasilitas sarana dan prasarana (sarpras) yang memadai guna menunjang proses belajar mengajar siswa dan guru.

Kali ini, Pemda Konut melalui Disdikbud Konut kembali memprogramkan model pendidikan belajar mengajar siswa, yakni
Pandai Berhitung dengan mengunakan Metode Gampang Asik dan Menyenangkan (GASING) yang diperuntukkan kepada guru dan siswa di sekolah dasar.

Program tersebut, merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang dibangun Bupati Konut, Ruksamin dan Ketua DPRD Konut, Ikbar bersama pihak Yayasan Teknologi Indonesia Jaya (YTIJ), pada 8 Juli 2023 di Jakarta Selatan.

Kerjasama itu, kemudian ditindak lanjuti langsung dilapangan dengan mengadakan pelatihan kepada guru dan siswa mengenai metode pembelajaran gasing.

Pelatihan resmi digelar yang dibuka langsung oleh Bupati Konut, Ruksamin bersama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Konut Ikbar, Kadis Dikbud Konut, Asmadin dan tim dari YTJI selaku pembimbing motode pembelajaran gasing.

Pelatihan berlangsung
di SDN 2 Molawe, Kecamatan Molawe,
Kamis 27 Juli 2023.

Dari informasi yang dirangkum awak media, pelatihan Metode Gasing, merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang dilakukan Pemda Konut dengan pihak YTIJ.

YTIJ sendiri adalah yayasan milik Bapak Prof. Yohanes Surya, Ph.D yang sudah teruji kualitas dan prestasinya di bidang Matematika dan Fisika.

Beberapa poin dari isi kerjasama tersebut diantaranya, meliputi pelatihan guru dalam Sains dan Matematika dengan tujuan meningkatkan kapasitas guru dan siswa di Kabupaten Konut.

Tim pengajar YTIJ bertandan langsung di Bumi Oheo dalam rangka memberikan pelatihan.

Berbagai macam materi diajarkan kepada guru dan siswa, salah satunya adalah Metode Gasing (Gampang Asik dan Menyenangkan).

Tim YTIJ akan melakukan bimbingan selama 15 hari kedepan, diikuti sebanyak 96 peserta terdiri dari, 29 guru, 3 orang pengawas dan 64 siswa.

Bupati Konut, Ruksamin mengatakan, program Metode Gasing merupakan salah satu upaya pemerintah agar masyarakat Konut terkhusus generasi penerus terus tumbuh cerdas, berkualitas dan berdaya saing.

Ruksamin menerangkan, Konut tidak boleh jauh tertinggal dengan daerah lain. Sehingga, dia berharap kepada semua peserta pelatihan agar betul-betul mengikuti materinya secara seksama.

“Agar apa yang disampaikan pemateri dapat dipahami dan mampu di aplikasikan. Sehingga dengan belajar Metode Gasing ini dapat mempercepat pertumbuhan daya saing baik guru maupun siswa,”harapnya.

Diacara itu, didampingi Kadis Dikbud Konut, Bupati Konut, Ruksamin juga menyerahkan bantuan Laptop bagi guru se-Kanut secara simbolis.

“Ini juga merupakan komitmen Pemerintah Daerah dalam rangka menunjang fasilitas guru di Kabupaten Konawe Utara, sehingga dalam melaksanakan tugas di sekolah tidak ada lagi kendala atau hambatan,”kata Ruksamin dengan gelar Doktor Asean Eng ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Konut, Ikbar memberikan apresiasi peran Pemda Konut melalui Dinas Pendidikan yang terus berada terdepan membangun dunia pendidikan di Konut lebih berkembang dan berdaya saing.

Ikbar menyampaikan, pihaknya terus memberikan dukungan dan support kepada Pemda untuk terus melahirkan program yang bermanfaat untuk masyarakat.

“Kita harapkan program pendidikan seperti ini terus dilaksanakan dengan baik dan dikembangkan. Terus berinovasi menciptakan karya yang memiliki nilai manfaat bagi tumbuh kembang generasi kita dan kemajuan daerah kita,”tukasnya.***(IS) (ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra