Konkep Disebut Bisa Jadi Sentrum Pembangunan Ekonomi di Indonesia Timur

Indosultra.com, Langara – Kerjasama Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) dengan perusahaan tambang, PT Gema Kreasi Perdana (GKP) akan membawa Konkep menjadi salah satu sentrum pembangunan ekonomi di Indonesia Timur. Pasalnya, pertumbuhan ekonomi Konawe Kepulauan selama ini baru ditopang oleh konsumsi atau belanja pemerintah daerah (Pemda), ketimbang investasi maupun pembangunan infrastruktur.

Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Pengusaha Muda Indonesia (Himapindo) KORWIL Sulawesi Tenggara, Ahmad Zainul menjelaskan bahwa telah terjadi peningkatan ekonomi pada wilayah Indonesia Timur.
“Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan perekonomian wilayah Timur seperti Sulawesi, Maluku, dan Papua mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi yang signifikan dari hanya sebesar 4,89 persen di 2017 menjadi 6,99 persen di tahun berikutnya,” ucap Ahmad Zainul, Rabu (6/10/2021) dalam rilis tertulis.

Konkep sendiri sebagai kabupaten dengan wilayah paling strategis sebagai jalur pertambangan diprediksi dapat berkembang pesat, dan nantinya bisa menjadi pusat perekonomian yang tentunya bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat wawonii dan Sulawesi Tenggara secara umum. Sehingga perlu adanya kerjasama yang kuat untuk membangun Konawe Kepulauan.

Baca Juga : Pulihkan Ekonomi dari Pandemi, Pemda Konkep-PT GKP Teken MOU

“Pemerintah daerah perlu membangun kerja sama yang kuat dan mengikat dengan Direksi PT Gema Karya Perdana atau GKP, dalam upayanya meningkatkan taraf hidup masyarakat daerahnya,” terangnya.

Untuk itu, lanjut Zainul, peran krusial pemuda dan mahasiswanya khususnya mahasiswa Konawe Kepulauan diharapkan untuk terus melahirkan ide dan gagasan gemilang, sebagai sosial kontrol agar kedepannya komitmen dan kerjasama pemerintah daerah dengan PT GKP menjadi maksimal. (b)

Laporan Rachmat Ramadhan