KPU Koltim Resmi Luncurkan Maskot HORE dan RAME Untuk Pilkada 2024, Perkuat Semangat Demokrasi Lokal

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka Timur menggelar acara peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 Pada Kamis Malam (20/06/2024) di lapangan kecamatan Loea, dengan memperkenalkan maskot terbaru bertajuk HORE (Harapan Demokrasi) dan RAME (Rakyat Memilih).

Yanthi Pratiwi Irianto, Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan Sumber Daya Manusia, menjelaskan bahwa HORE dan RAME dirancang sebagai maskot resmi untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kolaka Timur tahun depan.

“Maskot ini tidak hanya sebagai alat sosialisasi, komunikasi, edukasi dan publikasi tetapi juga sebagai simbol semarak dalam penyelenggaraan Pilkada Kolaka Timur 2024,” ujar Tiwi.

Lebih lanjut, Tiwi menjelaskan bahwa HORE dan RAME merupakan sepasang Burung Rangkong Sulawesi yang dikenal dengan nama Hoa oleh masyarakat lokal. HORE memiliki bulu leher berwarna kuning keemasan, sedangkan RAME dengan bulu berwarna hitam. Keduanya tampil sporty dengan jersey bertuliskan nama dan logo KPU, serta memakai sarung motif kembang Sorume, yang melambangkan kesatuan budaya di Kabupaten Kolaka Timur yang beragam.

“Jersey dan ekor berwarna dominan putih pada HORE dan RAME melambangkan komitmen KPU untuk menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah dengan integritas dan keadilan,” tambahnya.

Tiwi juga menambahkan bahwa HORE dan RAME dilengkapi dengan sepatu pelindung, sebagai simbol menjaga kebebasan demokrasi dan kerahasiaan proses pemungutan suara. Mereka digambarkan sebagai maskot yang ramah, energik, ceria, dan senang berinteraksi, serta melambangkan kesetiaan terhadap semangat demokrasi berkualitas.

“Dengan peluncuran maskot ini, KPU Kolaka Timur berharap dapat meningkatkan antusiasme dan partisipasi masyarakat dalam Pilkada Kolaka Timur 2024,” tutup Tiwi.

Acara peluncuran ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat, dari tokoh masyarakat, pemuda, hingga para pelajar, yang terlihat antusias memberikan apresiasi positif terhadap kehadiran HORE dan RAME. Penampilan mereka turut menambah semarak acara peluncuran tahapan Pilkada Kolaka Timur tahun 2024.

Harapan dari kehadiran maskot HORE dan RAME adalah agar masyarakat Kolaka Timur semakin memahami pentingnya peran mereka dalam proses demokrasi, serta tergerak untuk menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab dan bijaksana.**(IS/A)

Laporan: Asrianto Daranga.

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!