Lanal Kendari Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam

Indosultra.Com,Kendari – Pangkalan TNI AL (Lanal) Kendari menggelar pelatihan penanggulangan bencana alam di Klinik Lanal Kendari, pada Senin 4 Maret 2024.

Pada pelatihan ini, Lanal Kendari melibatkan masyarakat, Basarnas Kendari, BPBD Sultra dan Polri.

Kasubdis Bakti Dispotmaral Mabesal, Kolonel Marinir Budi Santosa mengatakan, pelatihan ini bertujuan untuk mengedukasi pemerintah terutama kepada masyarakat pesisir terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana.

“TNI AL melaksanakan pelatihan penanggulangan bencana untuk mewujudkan masyarakat yang tangguh terhadap bencana,” kata Budi.

Ia menyebutkan, peserta diberi penjelasan terkait prosedur dalam menyelamatkan diri ketika terjadi bencana.

“Kemudian ada simulasi yang akan dilaksanakan besok di lapangan, kita menguji apabila terjadi bencana mulai dari tahapan-tahapannya,” jelas Budi.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Sultra, Andrian mengapresiasi pelatihan yang digelar Lanal Kendari.

“Kegiatan seperti ini harus rutin dilaksanakan untuk membangun kesadaran masyarakat juga membangun kesiapsiagaan pemerintah menghadapi bencana,” kata Andrian.

Menurutnya, dengan pelatihan ini, nantinya masyarakat tidak panik ketika terjadi bencana.

“Semakin sering kita melakukan simulasi, maka koordinasi itu semakin intens sehingga memudahkan kita ketika terjadi bencana seperti SOP, prosedurnya kita sudah pahami,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Basarnas Kendari, Muhamad Arafah juga mengungkapkan hal sama atas terobosan yang dilaksanakan Lanal Kendari.

“Dengan pelatihan ini, kami apresiasi TNI AL agar kita semua stakeholder di Sulawesi Tenggara bisa mengantisipasi apabila terjadi situasi darurat,” ucap Arafah.

Laporan: Krismawan

Koran Indosultra Koran Indosultra