Mewujudkan Keamanan Dan Ketertiban Kelurahan Mokoau Kembali Aktifkan Pos Kamling di Setiap RT

Indosultra.com,Kendari – Mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan, Kelurahan Mokoau, Kecamatan Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai mengaktifkan pos pengamanan lingkungan (Pos kamling).

Saat ini ada enam pos telah disiapkan dan diaktifkan.

Sekretaris Kelurahan Mokoau, Musdin mengatakan, saat ini ada enam pos telah disiapkan dan diaktifkan di Kelurahan Mokoau terdiri beberapa pos kamling yang sudah aktif yakni, RT 05 dan RT 06 di BTN Azatata, RT 10 BTN Margahayu, RT 04 di Jalan Orinunggu, RT 14 BTN Boulevard, RT 07 BTN Wana Asri dan RT 12 di Jalan Haluoleo.

“Nantinya setiap RT di Kelurahan Mokoau akan diaktifkan pos kamling, dengan adanya pos kamling ini dapat mengurangi terjadi gangguan kamtibmas pada malam hari,” ujarnya, Senin (8/7/2024).

Pak Lurah Mokoau sudah menyampaikan kepada setiap RT untuk kembali mengaktifkan pos kamling di lingkungan masing-masing

Ia juga menjelaskan, Pj Wali Kota Kendari sudah datang mengunjungi pos kamling yang ada di Kelurahan Mokoau salah satunya pos kamling yang ada RT 05 dan RT 06 di BTN Azatata pada Jumat 5 Juli 2024 kemarin.

“Bapak Pj Wali Kota Kendari selalu mengedukasikan terkait pos kamling dan menyampaikan untuk kembali diaktifkan pos kamling disetiap Kelurahan yang ada di Kota Kendari,” katanya.

Menurutnya, menciptakan keamanan lingkungan sangat penting dalam tahapan Pilkada 2024 saat ini. Kondusifitas daerah perlu terjaga dimulai dari lingkungan masyarakat kecil baik tingkat RW dan RT.

“Diharapkan keamanan di Kelurahan Mokoau terus terjaga sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 bisa berjalan aman dan lancar,” harapnya.

Dengan adanya pos kamling di setiap lingkungan, kata dia sebagai wadah dan sarana bersilaturahmi antar sesama warga di lingkungan masing-masing, sehingga terbina rasa kekeluargaan. Selain itu meningkatkan pastisipasi masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang aman dan damai.

“Di setiap pos kamling sudah tersediah seperti gentongan, struktur dan nama-nama untuk jaga malam yang ditempel di pos kamling masing-masing,” tuturnya.

Perlu diketahui, sebelumnya Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari telah mengaktifkan program Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban lingkungan disetiap wilayah di Kota Kendari.

Pengaktifkan kembali program Siskamling ini ditandai dengan pemukulan kentungan bambu secara serentak bersama seluruh OPD Pemkot Kendari, Camat, Lurah, RT/RW hingga melibatkan masyarakat didepan Kantor Wali Kota Kendari, pada Selasa 2 Juli 2024.

Laporan: Krismawan

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!