Panen Raya Hortikultura di Wawotobi, Kolaborasi Sukses PJ Gubernur Sultra Dan PJ Bupati Konawe di SMKN PP 5 Konawe

Indosultra.Com. Konawe || Penjabat (PJ) Gubernur Andap Budhi Revianto bersama Pj Bupati Konawe Harmin Ramba menghadiri Panen Raya tanaman hortikultura di SMKN PP 5 Konawe, Rabu (28/02/2024) Pagi

Acara yang dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Ketua DPRD Konawe, Sekda Konawe, dan Kepala OPD terkait, merupakan kelanjutan dari program penanaman 2.748.153 tanaman hortikultura oleh 3000 siswa SMA/SMK dan SLB se-Sultra yang dipusatkan di SMKN PP 5 Konawe dengan total luas lahan sekolah kurang lebih 719. 645 m2 pada tanggal 25 November 2023 lalu. PJ Gubernur Sultra menyatakan kebahagiaannya,

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan panen raya bersama, acara yang digagas oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dikoordinasikan oleh PJ Bupati Konawe, melibatkan adik-adik dan para guru dari SMK 5 PP Konawe, serta seluruh guru dan pelajar kita.” Kata Pj Gubernur Sultra.

Selama tiga bulan lima hari sejak penanaman pada 25 November 2023, tanaman jagung, tomat, cabai, sayuran, dan semangka tumbuh melimpah. PJ Gubernur Sultra berbagi,

“Kita tidak menyangka, saat menanam didoakan dengan baik, dan hari ini semua bisa menyaksikan hasilnya.” Ujar Andhap

Kepada semua pihak yang terlibat, termasuk PJ Bupati Konawe, guru, pelajar, Dinas Pendidikan, dan masyarakat Sultra, PJ Gubernur menyampaikan terima kasih. Hasil panen akan dinikmati di lingkungan sekolah dan masyarakat.

PJ Bupati Konawe, Harmin Ramba, juga turut berterima kasih kepada PJ Gubernur Sultra yang telah aktif berpartisipasi dalam program-program di Bumi Konawe.

“Ini kalau saya nda salah pak Gubernur sudah tiga kali berada dibumi konawe ini. Insya Allah selama pak Gubernur berada di Sultra tetap kita ajak terus di Konawe, ” ujarnya.

Ia menekankan keindahan Bumi Konawe sebagai daya tarik, Harmin Ramba memaparkan bahwa program penanaman yang dilakukan akan berdampak positif terhadap keberlanjutan tanaman.

“Program yang dilakukan oleh Bapak Gubernur pada hari ini sudah kita sampaikan bersama dan sudah di-launching untuk SMP, SD se-Kabupaten Konawe, kami juga sudah lounching seluruh ASN kalau nda punya kebun minimal satu ASN
Satu di Polibek Tanam cabai, ” kata Harmin

Selain itu, PJ Bupati Konawe menegaskan bahwa pihaknya melakukan pengawasan terus-menerus terhadap perkembangan tanaman.

“Ini tanggung jawab bersama, tapi Alhamdulillah kita mendapatkan pemimpin yang tegas. Sehingga kita benar-benar terpacu melaksanakan tugas ini demi hasil yang berkualitas,” imbuhnya.

Dengan kontribusi semua pihak, dari penanaman hingga panen, program ini bukan hanya memenuhi kebutuhan sekolah namun juga berpotensi mengurangi tekanan inflasi di daerah setempat. Suksesnya kegiatan ini menjadi cermin kerja keras dan kolaborasi yang baik di Sultra.** (IS/B)

Laporan Asrianto Daranga.

Koran Indosultra Koran Indosultra