World Clean Up Day, Relawan di Konawe Berhasil Kumpulkan 150 Kantong Sampah

World Clean Up Day, Relawan di Konawe Berhasil Kumpulkan 150 Kantong Sampah

Indosultra.com, Unaaha – Ratusan relawan ambil bagian dalam kegiatan world clean up day atau WCD yang digelar di lapangan STQ Unaaha, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Sabtu (17/9/2022) pagi tadi.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe. Koordinator WCD Konawe, Putri Sakina mengatakan, kegiatan WCD tahun ini juga diikuti secara serentak di 197 negara.

“Aksi bersih-bersih ini serentak diadakan pada Hari Sabtu Minggu ketiga bulan September,” katanya.

Putri menjelaskan, WCD ini merupakan gerakan sukarela tanpa dipungut biaya dari masyarakat. Kegiatan ini juga, sekaligus mengajak masyarakat untuk secara bersama menjaga kebersihan lingkungan.

“Agar bumi ini tetap bersih dari limbah padat dan sampah dan pada kegiatan ini diikuti oleh 15 komunitas dan beberapa sekolah di Kabupaten Konawe,” sebutnya.

Ia mengungkapkan, aksi bersih sampah ini juga berhasil mengumpulkan sampah plastik sekira 150 kantong. Putri berharap ke depan, kegiatan ini bisa membantu kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarang lagi, dan menjaga lingkungan tetap bersih.

Selain itu, kata Putri, pihaknya juga berharap pemerintah dalam hal ini DLH Konawe dapat menyediakan fasilitas tempat pembuangan sampah untuk masyarakat.

Sekolah yang ikut terlibat dalam kegiatan WCD di antaranya SMA Negeri 1 Unaaha, SMK Negeri 1 Unaaha, Mandrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Konawe, serta SMA Negeri 2 Unaaha. Rute kegiatan mulai dilakukan di STQ Unaaha menuju tugu Adipura, Kelurahan Ambekairi terus ke depan Kantor Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Konawe.

“Kita membersihkan dulu sekitar STQ Unaaha lalu kita jalan santai sambil memungut sampah sampai perempatan Kantor Dinas Pariwisata,” tukasnya. (b)

Laporan : Febri