Pemda Konut Kembali Raih Penghargaan UHC Award Se-Indonesia, Kepesertaan JKN Melebih Target Nasional

Indosultra.Com, Jakarta-Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), menjadi salah satu daerah di Indonesia yang meraih Penghargaan Health Coverage (UHC) Award Tahun 2023.

UHC merupakan cakupan kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk masyarakat.

Terget nasional Pemerintah Pusat melalui program JKN, memastikan minimal 95% dari total jumlah penduduk harus mendapatkan akses finansial terhadap pelayanan kesehatan, dengan mendaftarkan dirinya atau didaftarkan menjadi peserta JKN.

Berkaitan hal diatas, Pemda Konut di bawah pimpinan Bupati Konut, Ruksamin memprogramkan BPJS gratis melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) sejak Tahun 2016 untuk masyarakatnya, dan telah mencapai angka 98 persen, atau melebihi target nasional 95 persen.

Pemda Konut Kembali Raih Penghargaan UHC Award Se-Indonesia, Kepesertaan JKN Melebih Target Nasional
Asisten lll Setda Konut saat menerima penghargaan UHC Award 2023 se-Indonesia

Capaian yang diperoleh Pemda Konut, mendapat predikat terbaik oleh Pemerintah Pusat dalam pemberian jaminan kesehatan kepada masyarkat.

Penghargaan UHC Award 2023 diserahkan oleh Presiden RI, Jokowi Dodo melalui Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin bersama para Menteri terkait bertempat di Gedung Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Mewakili Bupati Konut, Ruksamin yang sedang melaksankan tugas pemerintahan, Asisten lll Setda Konut, Drs. La Ondjo. M.Si, menerima langsung penghargaan tersebut.

“Penghargaan UHC Award yang diperoleh ini menujukkan komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang kesehatan,”ungkap La Ondjo usai menerima penghargaan tersebut.

Pemda Konut Kembali Raih Penghargaan UHC Award Se-Indonesia, Kepesertaan JKN Melebih Target Nasional
Nurjanah Efendi

Mantan Kadis Perindag Konut ini menyampaikan, BPJS gratis yang diprogramkan Pemda Konut untuk masyarakat, memberikan kemudahan dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Hal terhsebut, kata dia susai komitmen visi-misi Bupati dan bapak Bupati Konut, Ruksamin-Abu Haera untuk menjamin perlindungan kesehatan masyarakat secara gratis.

Di hubungi terpisah, Bupati Konut, Ruksamin mengucapkan rasa syukur atas Raihan penghargaan yang di peroleh. Hal itu menjadi bukti keberhasilan kinerja Pemerintah Daerah atas penilaian Pemerintah Pusat dalam mensukseskan program di sektor kesehatan.

“Tugas kita sebagai pemerintah, dan saya sendiri sebagai pimpinan daerah terus mendorong program untuk kemajuan daerah dan masyarakat. Terlebih pasca pandemi covid-19, kita terus memaksimalkan langkah-langkah untuk mencegah yang namanya inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrim,”ujarnya.

Dirinya berharap agar kerjasama dan koordinasi semua pihak terlibat dapat terus terjaga sehingga program kegiatan yang dilaksanakan terus berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif untuk masyarakat serta daerah.

Selain itu, Kadis Kesehatan Konut, Nurjanah Efendi juga mengungkapkan, penghargaan UHC Award telah di raih Pemda Konut sebanyak 2 kali berturut-turut. Dan mendapat nominasi sebagai salah satu daerah terbaik dalam pemberian jaminan kesehatan kepada masyarakat melalui program BPJS gratis.

“Sejak tahun 2016 di masa kepemimpinan bapak bupati Ruksamin terus mengalokasi anggaran untuk program BPJS gratis kepada masyarakat. Semua di tanggung oleh pemerintah daerah,”tutupnya.**(IS)(ADV)

Laporan: Jefri

Koran Indosultra Koran Indosultra