Pimpin Musrenbang Tingkat Kecamatan Wiwirano, Ini Penegasan Bupati Konut

Indosultra.Com, Konawe Utara -Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan.

Kegiatan itu, sebagai langkah awal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2025.

Musrenbang tahun ini dimulai di Kecamatan Wiwirano, bertempat di Aula Kecamatan Wiwirano, dan menjadi bagian integral dalam upaya perencanaan pembangunan daerah.

Bupati Konut, Ruksamin membuka secara resmi Musrenbang perdana tingkat kecamatan tersebut, pada senin, 22 Januari 2024.

Musrenbang yang berlangsung mengusung tema “Memperkokoh transformasi pembangunan melalui pengembangan SDM unggul dan perekonomian berkualitas.”

Dalam sambutanya, Bupati Konut, Ruksamin menegaskan, bahwa salah satu fokus utama untuk mewujudkan visi tema tersebut adalah dengan memprioritaskan penanaman jagung.

Langkah itu, sebagai dukungan terhadap program skala nasional.

Ditempat itu, Bupati Konut 2 periode ini mengumumkan bahwa pemda akan menyediakan bibit dan pupuk secara gratis.

Selain itu, ia memberikan instruksi kepada para kepala desa di kecamatan itu untuk fokus pada program pemanfaatan lahan pekarangan sebagai bagian dari upaya meningkatkan ketahanan pangan di daerah tersebut.

Dalam penjabaran lebih lanjut, pria yang juga menjabat Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Sultra ini mengungkapkan, bahwa total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di Kecamatan Wiwirano pada tahun 2023 mencapai 21.8 M.

“Sedangkan untuk tahun 2024 meningkat menjadi 34 M,”ungkap Ruksamin diacara itu.

Tak hanya itu, Ruksamin yang juga sebagai Koordinator MW KAHMI Sultra ini juga turut berbagi kepedulian dengan menyerahkan bantuan alat pendeteksi stunting kepada 14 Desa dan Kelurahan se-Kecamatan Wiwirano, termasuk puskesmas Tetewatu dan Lamparinga.

Sumbangan ini, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus memperkuat upaya pencegahan masalah kesehatan di tingkat lokal.

Dengan keseriusan dan dukungan yang tergambar dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan ini, diharapkan Kabupaten Konawe Utara dapat meraih kemajuan yang signifikan dalam pembangunan serta mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di tahun-tahun mendatang.

Diketahui acara ini dihadiri pejabat dan tokoh-tokoh penting yakni Wakil Bupati Konut H. Abuhaera, Wakil Ketua II DPRD Konut I Made Tarabuana, Forkopimda Konut, Staf Ahli, Asisten, dan sejumlah Kepala OPD lingkup Pemda Konut, Camat Wiwirano, serta Kepala desa se Kecamatan Wiwirano ikut hadir dalam acara tersebut.**(IS)

Laporan: Jefri

Koran indosultraKoran indosultra
error: Hak cipta dilindungi undang-undang !!