Polres Koltim Gelar Sosialisasi Proaktif Penerimaan Anggota Polri T.A. 2024 di SMA Negeri 1 Tirawuta

Indosultra.Com, Kolaka Timur – Rate Rate, Kepolisian Resor Kolaka Timur menyelenggarakan kegiatan sosialisasi proaktif penerimaan calon anggota Polri T.A. 2024 di SMA Neg.1 Tirawuta.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Jajaran Polres Kolaka Timur untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada siswa-siswi SMA dan SMK tentang peluang menjadi Anggota Polri pada tahun anggaran 2024, diselenggarakan oleh Bagian SDM Polres Kolaka Timur di SMA Neg. 1 Tirawuta pada Rabu, (07/02/2024).

Acara ini, dipimpin langsung oleh Kabag SDM Polres Koltim, Akp Syariddin S.H., didampingi oleh Paur Subbagwatpers Bag SDM Polres Koltim Iptu Hasrun, dan Kepala sekolah, para guru, siswa-siswi SMA Negeri 1 Tirawuta turut serta dalam kegiatan tersebut.

Akp Syariddin S.H. menjelaskan bahwa
Tujuan sosialisasi ini adalah untuk menjaring minat para pelajar terkait penerimaan calon anggota Polri terpadu T.A. 2024 di berbagai jenjang, mulai dari Akpol hingga Tamtama.

“Kami berada dalam tahap sosialisasi sebagai persiapan bagi adik-adik yang ingin mendaftar sebagai calon anggota Polri T.A 2024. Jadwal pendaftaran masih tentatif menunggu keputusan resmi dari Mabes Polri,” ujar Akp Syariddin S.H.

Calon anggota Polri akan menghadapi seleksi ketat, mencakup ujian tertulis, tes kesehatan, tes fisik, dan wawancara. Sosialisasi proaktif ini juga melibatkan persiapan mental dan fisik bagi calon anggota untuk menghadapi seleksi dengan baik.

Selama proses sosialisasi, calon anggota diberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai etika dan integritas yang harus dijunjung tinggi, mereka juga mendapatkan pengetahuan tentang hukum, peraturan, dan prosedur dalam menjalankan tugas sebagai penegak hukum.

Persyaratan pendaftaran tetap mengikuti standar sebelumnya, termasuk kriteria seperti warga negara Indonesia, beriman, setia kepada NKRI, sehat jasmani dan rohani, serta usia minimal 18 tahun.

Polri akan melaksanakan rekruitmen calon anggota Polri melalui jalur SIPSS, Taruna Akpol, Bintara , dan Tamtama Tahun 2024, untuk pendaftaran dilakukan secara online

“Bagi yang berminat mulai sekarang dapat mempersiapkan diri,rekruitmen anggota Polri T.A 2024 ini meliputi Akpol, Bintara, dan Tamtama untuk pendaftaran nantinya akan dilakukan secara online melalui
website www.penerimaan.polri.go.id.,” ungkapnya.

Menurut Kabag SDM Polres Kolaka Timur, Akp Syariddin S.H.,terkait pendaftaran calon anggota polri dapat dipantau selain melalui website khusus penerimaan polri, juga bisa bertanya langsung pada bagian SDM Polres kolaka timur

Selain Itu, Ia juga mengingatkan agar calon pendaftar berhati-hati terhadap janji-janji dan iming-iming oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Proses pendaftaran tidak dipungut biaya apapun, kami menghimbau calon pendaftar untuk tidak terpedaya oleh janji-janji yang mengatakan akan membantu meluluskan, itu seperti bagaikan menembak di atas kuda, persiapkan diri mulai dari sekarang, baik secara mental maupun fisik dengan rajin berolahraga,” Tutupnya.

Laporan : Asrianto Daranga

Koran Indosultra Koran Indosultra