Protes Batching Plant PT. SJS, Tawon Distrik Unaaha Palang Jalan

Protes Batching Plant PT. SJS, Tawon Distrik Unaaha Palang Jalan

Indosultra.com, Unaaha – Puluhan orang yang tergabung dalam Organisasi Masyarakat (Ormas) Taawuno Tolaki (Tawon) Distrik Unaaha memprotes kegiatan Batching Plant (Produksi Beton) PT. Satria Jaya Sentosa (SJS) di Kelurahan Asinua, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Senin (7/12/21) pukul 21:00 WITA.

Ketua Ormas Tawon distrik Unaaha, Didin mengungkapkan bahwa pihaknya merasa dirugikan dengan aktivitas Batching Plant PT. SJS tersebut.

“Saya ini korban pak, dekat rumah dengan lokasi perusahaan ini. Tiap hari kita mandi debu,” ucapnya kesal saat diwawancarai, Selasa (7/12/21).

Seharusnya, kata Didin, sebelum melakukan aktivitas apapun pihak perusahaan melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait kegiatan yang akan dilakukan.

“Kita saja pak, kalau bertamu ke rumahnya orang kita salam atau permisi apalagi ini perusahaan,” tegas Didin.

Kapolsek Unaaha Iptu Kadek Sudiadnyana, S.Sos dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan pengamanan agar massa aksi tidak melakukan tindakan yang bisa merugikan semua pihak.

“Kegiatan perusahaan untuk saat ini dihentikan sampai ada titik temu. Selain itu dalam waktu dekat kita upayakan ada pertemuan terbuka semua instansi, pemerintah dan masyarakat setempat agar persoalan ini segera selesai,” terangnya.

Lurah Asinua Sajirun, S.Sos mengaku telah melakukan pertemuan bersama pemerintah, masyarakat dan pihak perwakilan PT. SJS, dan disepakati segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan PT. SJS telah dilengkapi izin lingkungan, izin pelaksanaan dari pemerintah kelurahan dan pemeritah daerah. Sebab PT SJS merupakan obyek percepatan proyek nasional pembangunan grainase di Kabupaten Konawe. (b)

Laporan Febri