Sempat Dinyatakan Hilang, Nelayan di Konawe Ditemukan Selamat Terdampar di Pulau Bokori

Tim SAR Evakuasi Nelayan di Konawe

Indosultra.com, Kendari – Sempat dinyatakan hilang oleh keluarganya, Bustan Ismail (62), Warga Desa Toli-Toli, Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) berprofesi Nelayan ditemukan selamat terdampar di Timur Pulau Bokori.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi mengatakan sebelumnya korban dilaporkan hilang pada Rabu (8/2/2022) oleh keluarganya, Ruslan, melaporkan bahwa 1 orang nelayan belum kembali dari melaut disekitar perairan sebelah Utara Toronipa Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe.

“Berdasarkan laporan tersebut, Pukul 23.50 Wita Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan menuju LKP dengan menggunakan RIB untuk memberikan bantuan SAR dengan jarak tempuh menuju perkiraan LKP 18,28 mil laut,”kata Wahyudi, dalam keterangannya, Kamis (9//2/2023) pagi.

Rudin melanjutkan, Pukul 01.20 Wita Tim Rescue KPP Kendari tiba di lokasi kejadian dan langsung menyisir hingga Pukul 02.40 Wita. Dan melanjutkan pencarian Pukul 07.00 Wita Tim SAR dengan membagi 2 tim.

“Pada pukul 09.22 Wita Tim KPP Kendari menerima informasi dari keluarga korban yang melaporkan bahwa korban telah ditemukan dalam keadaan selamat sekitar 7,61 NM Arah barat daya dari lokasi kejadian pada pukul 08.00 Wita selanjutnya dievakuasi ke rumah korban dan tiba pada pukul 09.00 Wita,”lanjutnya.

Wahyudi menceritakan peristiwa itu berawal pada tanggal 8 februari 2023 Pukul 15.00 Wita. Korban keluar memancing dengan menggunakan longboat disekitar perairan sebelah utara Toronipa, kebiasaan korban kembali pukul 20.00 Wita, namun tak kunjung pulang. Kemudian Pencarian dilakukan oleh pihak keluarga namun hasil nihil

“Berdasarkan informasi dari korban, semalam korban terdampak Cuaca buruk sehingga memutuskan untuk berlindung di timur pulau bokori hingga Cuaca membaik,”jelas Rudin.

Ia menambahkan dengan ditemukannya korban tersebut dalam keadaan selamat, Ops SAR terhadap 1 orang nelayan belum kembali dari melaut disekitar perairan sebelah utara toronipa Kecamatan soropia Kabupaten Konawe dinyatakan selesai dan ditutup.

“Unsur yang terlibat dalam operasi pencarian yaitu KPP Kendari, Polsek Lalonggasumeeto, Masyarakat sekitar, dan Keluarga Korban,”tutupnya.(b)

Laporan: Ramadhan

Koran Indosultra Koran Indosultra