Seorang Nelayan Hilang Saat Mencari Ikan di Perairan Lelemo Butur

Seorang Nelayan Hilang Saat Mencari Ikan di Perairan Lelemo Butur
Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi pencarian

Indosultra.com, Kendari – Seorang Nelayan bernama La Ode Zaeru (58), warga Desa Pebaoa, Kabupaten Buton Utara (Butur), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dilaporkan hilang saat menangkap ikan di perairan Lelemo, Butur pada Sabtu (30/7/2022) pukul 09.30 WITA. Korban sebelumnya diduga tenggelam.

Humas Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Kendari, Wahyudi, membenarkan informasi tersebut. Pihaknya telah menerima laporan, Minggu (31/7/2022) pukul 05.56 Wita, dari Salam yang merupakan keluarga korban. Ia melaporkan bahwa pada Sabtu (30/7/2022) pukul 12.00 Wita telah terjadi kecelakaan kapal Man Over Board (MOB) terhadap 1 orang yang sedang mencari ikan di sekitar perairan Tanjung Lelemo, Kabupaten Butur.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 06.15 Wita, Tim Rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju lokasi kejadian kecelakaan dengan menggunakan perahu karet kaku untuk memberikan bantuan SAR. Jarak tempuh lokasi dengan Pos SAR Wakatobi sekitar 53 Mil Laut,”kata Wahyudi dalam keterangan tertulis, Minggu (31/7/2022).

Dijelaskan kronologis peristiwa tersebut pada hari Sabtu (30/7/022) sekitar pukul 09.30 Wita korban pergi mencari ikan dengan menggunakan perahu di sekitar perairan Tanjung Lelemo. Kebiasaan korban kembali pada pukul 13.00 Wita.

“Namun pada pukul 12.00 Wita perahu milik korban ditemukan dalam keadaan tanpa keberadaan korban di atas perahu oleh kapal yang melintas,”jelasnya.

Pencarian telah dilakukan oleh pihak keluarga dan warga sekitar, namun tak membuahkan hasil. Hingga berita ini diturunkan belum ada informasi korban ditemukan. (b)

Laporan : Ramadhan